Ajak Warga Aktif Jaga Kebersihan Lingkungan, Pj. Walikota Rida Ananda Sampaikan Ini!

Payakumbuh | TopSumbar – Kebersihan merupakan sebagian dari iman”, hal ini diutarakan oleh Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda kepada media setelah melaksanakan tugas sebagai inspektur upacara pada peringatan hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022. Hal tersebut ia sampaikan guna saling mengingatkan serta mengajak kepada semua warga kota Payakumbuh tanpa terkecuali untuk selalu memupuk rasa semangat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan berharap agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan di Kota Payakumbuh supaya selalu bersih, indah dan damai untuk dilihat.

“Sebagaimana pepatah tadi menyampaikan, dan juga tentu saya percaya bahwasanya kita semua warga kota Payakumbuh merupakan orang yang beriman. Dan tentu dalam hal ini jika ada warga yang mungkin kadang lupa dalam menjaga kebersihan lingkungannya, maka saya mewakili Pemko Payakumbuh tidak bosannya untuk mengingatkan serta turut mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menyelenggarakan kerja bakti di lingkungan tempat tinggal, untuk kemudian bersama membersihkan lingkungan sekitar,” kata Rida, sesaat sebelum akan menghadiri acara Konferensi PWI Payakumbuh-Limapuluah Kota, Sabtu (1/10).

Disampaikan Pj. Walikota Payakumbuh, jika kebersihan lingkungan sekitar merupakan tanggung jawab masyarakat yang bermukim didalamnya, dan bagi kita yang berada di sekitar tempat itu tentu jangan selalu menunggu dan mengharapkan petugas kebersihan untuk selalu menjaga dan membersihkan wilayah tempat kita, karna dalam menjaga lingkungan supaya selalu bersih tentu dituntut peran aktif seluruh warga dengan tidak membuang sampah sembarangan, tapi buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan,” ujar Rida.

Bacaan Lainnya

Menurut Rida, dalam turut selalu melaksanakan kerja bakti lingkungan, hal lain yang saling didapatkan saat berkumpul bersama untuk menjaga lingkungan ialah dapat terciptanya kekompakan dan silaturahim yang selalu terjaga antar warga.

“Sehingga, dengan adanya partisipasi masyarakat dalam bergotong-royong membersihkan daerah tempat tinggalnya, maka dapat meminimalisir adanya gesekan antar warga. Hal lain yang didapatkan juga ketika bersama-sama dalam menjaga lingkungan ialah terciptanya kekompakan dan silaturahim antar warga yang bisa menekan pertikaian masyarakat yang kerap terjadi di suatu lingkungan,” tambahnya.

Dilanjutkan, jadi tidak hanya atas aspek kebersihan lingkungan saja yang dapat dicapai dalam kerja bakti bersama, akan tetapi juga aspek keharmonisan antar sesama warga dapat terjaga sehingga lingkungan bersih, hati tentram dan damai serta silahturahim terjaga baik,” lanjut Rida.

Sementara itu, jika dilihat dari aspek pembangunan pemerintah, Rida mengatakan jika dalam proses pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini tidak terlepas dari asas kesesuaian atas aspek lingkungan dan aspek ekologi.

“Agar bisa dan lancarnya proses pembangunan pemerintah kita ini, maka aspek lingkungan dan aspek ekologi harus dilibatkan terhadap semua unsur, supaya kota Payakumbuh dapat segera menjadi kota yang maju dan berkembang. Karna sebuah kota bisa dibilang maju dan berkembang dilihat atas kebersihan warganya,” katanya.

Ia juga berharap, masyarakat bisa ikut bersama mengawasi berbagai proses pembangunan yang sedang dilakukan pemerintah saat ini agar senantiasa tidak merusak aspek lingkungan dan ekosistim yang ada.

“Kami juga mengharapkan kepada masyarakat agar ikut membantu Pemerintah mengawasi berbagai proses pembangunan yang kiranya dianggap berdampak kepada lingkungan kita,” tukasnya mengakhiri.(ton)

Pos terkait