4 Tahun Kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Panjang, Fadly-Asrul: InsyaAllah Kami Komit Dengan Program Strategis RPJMD

Padang Panjang | TopSumbar – 9 Oktober 2022 kemaren, genap sudah 4 (empat) tahun masa kepemimpinan Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dan Wakil Wali Kota, Drs. Asrul.

Berbagai langkah kebijakan dan inovasi telah dilakukan duet kepemimpinan wali kota muda dan birokrat senior ini,
demi terwujudnya visi “Kota Padang Panjang yang Bermarwah dan Bermartabat Menuju Kejayaan Padang Panjang” yang dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang Panjang 2018-2023.

Begitupun selama empat tahun, banyak capaian kerja dan prestasi yang telah diraih dari berbagai tingkat, mulai dari provinsi hingga nasional.

Bacaan Lainnya

Namun tak berhenti di situ saja, masih ada program baik dari segi infrastruktur maupun pembangunan sumberdaya manusia yang saat ini sedang dikejar dalam waktu satu tahun terakhir kepemimpinannya.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Fadly saat konferensi pers dengan para awak media, di pendopo rumah dinas Wali Kota, Senin (10/10).

Dalam konferensi pers bertajuk capaian kerja dan prestasi 4 tahun masa kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Panjang yang dipandu Kepala Dinas Kominfo Ampera Salim itu, Fadly menjelaskan, pihaknya terus berkomitmen dengan program kegiatan prioritas dan strategis yang telah disepakati dalam RPJMD Kota Padang Panjang.

Di antaranya, Rumah Wirausaha, bedah warung, Smart Gerobak, koperasi syariah, Sport Center, pedestrian Pasar Kuliner, sarana prasarana Pasar Pusat, lanjutan Islamic Center, rehab rumah tak layak huni, program beasiswa, event Pacu Kudo, Padang Panjang Bagoro, gelora Serambi Mekkah, dokter warga, dan kampung tahfidz.

“Insyaa Allah, kami bersama dengan Pak Wawako Asrul dan stakeholder terkait akan terus berkomitmen dengan program-program strategis ini. Untuk Sport Center kita telah melakukan peresmian pembangunannya tadi siang yang ditargetkan rampung dalam kurun waktu 330 hari ini,” ucap Fadly.

Meski jalan menuju percepatan visi misi penuh tantangan akibat pandemi Covid-19 di awal 2020, sebutnya, namun Pemko terus melakukan upaya menghadirkan pembangunan infrastruktur yang nyaman bagi masyarakat Kota Padang Panjang.

“Pembangunan infrastruktur menjadi bekal masa depan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk melakukan pergerakan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Insyaa Allah tahun depan kita juga akan bangun pusat pelayanan haji di Padang Panjang,” sebutnya.

Selain itu, sebut Fadly, Pemerintah Kota juga telah memberikan program recovery ekonomi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 lalu. Seperti bantuan sosial dan bantuan kewirausahaan yang mana program tersebut kurang lebih bisa mengurangi pengeluaran warga sehingga perekonomian bisa perlahan-lahan membaik.

“Alhamdulillah untuk tahun ini kita juga mendapat dana insentif daerah (DID) dari Pemerintah Pusat. Karena dinilai terbaik dalam pengendalian inflasi dan penanganan Covid-19 dan vaksinasi. DID-nya sebesar Rp8,9 M dan nantinya akan kita manfaatkan untuk kepentingan masyarakat dengan berbagai program bantuan. Di antaranya, BLT, subsidi, revitalisasi Pasar Kuliner dan program lainnya,” paparnya.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya telah berkomitmen dengan pihak BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan terkait dengan jaminan sosial bagi para pekerja. Angkanya akan dinaikkan dari 1.000 menjadi 2.000 orang pada tahun depan.

“Insyaa Allah dengan hal ini, kita juga akan mengejar Universal Labour Coverage. Jadi seluruh tenaga kerja aktif non-upah akan kita asuransikan. Program ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Kita juga sudah mendapatkan penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan bulan lalu atas inisiasi kita terkait hal ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Asrul turut menambahkan, Ia mengatakan jika seluruh program kegiatan yang sudah menjadi prioritas RPJMD sudah terlaksana dengan baik.

“Memang kita mengakui bahwa kita sempat merevisi RPJMD karena kemampuan keuangan kita akibat pandemi Covid-19. Namun alhamdulillah dari apa yang sudah dituangkan dalam RPJMD, sudah terlaksana dengan baik dan ada yang sedang berjalan,” ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri, Wawako Asrul, Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, asisten, staf ahli, dan kepala OPD.

(Alfian YN)

Pos terkait