Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang · 25 Sep 2022 16:26 WIB ·

Unik, Warga Kelurahan Pasar Ambacang Gelar Pemilihan RW Serentak Layaknya Pemilukada


 Unik, Warga Kelurahan Pasar Ambacang Gelar Pemilihan RW Serentak Layaknya Pemilukada Perbesar

Padang | Topsumbar – Warga Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji kota Padang, Sumatera Barat menggelar pemilihan ketua rukun warga (RW) serentak, Minggu (25/9).

Uniknya prosesi pemilihan ketua RW tersebut di design layaknya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) untuk memilih kepala daerah.

Lurah Pasar Ambacang Syamsu Irwan saat ditemui disalah satu tempat pemungutan suara, mengatakan kegiatan pemilihan ketua RW ini berdasarkan inisiatif masyarakat sekaligus untuk persiapan menjelang tahun demokrasi 2024.

“Dalam pelaksanaan pemilihan ketua RW serentak ini terdapat 33 TPS dari 9 RW yang tersebar di 37 RT yang ada di Kelurahan Pasar Ambacang,” katanya.

Disebutkan Syamsu, perhelatan seperti layaknya pesta demokrasi Pemilukada pada umumnya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya arti dari demokrasi hingga tingkat RT.

“Kita mendesign sedemikian rupa menyerupai prosedur Pemilukada dan tidak sama seperti prosesi pada umumnya dimana pemilihan berlangsung secara musyawarah dan terbatas. Kali ini kita beri keleluasaan kepada warga untuk memilih pemimpin mereka yang sesuai dengan visi dan misi yang masyarakat inginkan,” sebutnya.

Lanjut Syamsu, persiapan dari kegiatan ini cukup panjang. Kelurahan dan masyarakat telah merancang sejak awal tahun lalu agar pemilihan berjalan dengan matang.

Selain itu ia mengatakan salah satu tujuan dari pemilihan serentak tersebut digunakan untuk penertiban administrasi RW yang sudah melewati batas masa jabatan.

Ia menambahkan, tujuan dari penyelengaraan seperti ini agar pemilihan dapat berlangsung dengan transparan, tanpa ada indikasi kecurangan dan membawa kepentingan pribadi didalamnya.

“Jadi tidak ada yang namanya alasan-alasan seperti atas dasar kekeluargaan dan kerja sama untuk kepentingan pribadi. Kali ini kita mendorong agar masyarakat dapat memilih pemimpin yang amanah dan mau mempertanggung jawabkan pekerjaan mereka untuk masyarakat yang memilih mereka,”ujarnya.

Ia berharap kedepannya dengan perhelatan pemilihan seperti sekarang dapat menanamkan jiwa kebersamaan dan keterbukaan dalam pemilihan para petinggi ditingkat RT dan RW dikelurahan Pasar Ambacang.

“Semoga masyarakat Kelurahan Pasar Ambacang semakin mengaplikasikan demokrasi di masyarakat sehingga dapat menciptakaan kepemimpinan yang ideal dan lebih terbuka bagi masyarakat kedepannya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RT 04 Agusnedi mengatakan di wilayahnya terdapat 6 TPS dengan jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 415 orang. Ia menyebutkan hingga pukul 10.00 WIB sudah mencapai hampir setengah jumlah pemilih yang mencoblos di TPS diwilayah RT nya.

“Antusias masyarakat cukup tinggi dibuktikan ketika TPS dibuka pada jam 8.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB hampir setengah pemilih dari RT 04 sudah menyampaikan hak suara mereka,”ucapnya.

Ia berharap pemilihan serupa dapat terus berlangsung setiap kali pemilihan ketua RW dilakukan agar masyarakat menjadi semakin demokratis dan dapat menentukan pilihannya sendiri siapa yang akan memimpin didaerah mereka masing-masing.

(AL/Rel)

Hits: 8

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Miko Kamal: Festival Batang Arau Bakal Digelar Akhir Tahun

25 November 2022 - 11:34 WIB

Insya Allah, Agustus 2023 Nanti Anggota DPRD Tempati Gedung Baru

16 November 2022 - 17:02 WIB

Top Travelers Media Network Gagas Donasi Promo UMKM Dukung Pemulihan Pasca COVID-19

16 November 2022 - 16:44 WIB

Maju Calon Ketua IDI Sumbar Ini Visi dan Misi Dr Andani Eka Putra

16 November 2022 - 10:43 WIB

3 Blogger Jadi Best of The Best Lomba Blog KIP Sumbar

15 November 2022 - 22:54 WIB

Jenazah Lansia Tanpa Identitas di Rumah Sakit Bhayangkara Padang, Ini Ciri-Cirinya

15 November 2022 - 22:09 WIB

Trending di Padang