Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Lima Puluh Kota · 10 Sep 2022 16:35 WIB ·

Tanjuang Bungo Barolek Godang, Bupati Resmikan Balai Adat dan Lewakan Gala Pangulu


 Tanjuang Bungo Barolek Godang, Bupati Resmikan Balai Adat dan Lewakan Gala Pangulu Perbesar

Limapuluh Kota | Top Sumbar — Arak-arakan dari rumah gadang masing-masing suku menuju Balai Adat mengawali prosesi Baralek Gadang di Nagari Tanjung Bungo. Sebagian besar warga sejenak meninggalkan aktivitasnya untuk memeriahkan acara Batagak Pangulu dan Peresmian Balai Adat Palito Anjuang yang dilaksanakan pada Sabtu (10/09/2022) di Jorong Lancar, Nagari Tanjuang Bungo, Kecamatan Suliki.

Suka cita masyarakat Tanjuang Bungo semakin lengkap tatkala, Pemerintah Daerah turut memberikan atensi dengan kehadiran langsung Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dalam acara yang kental dengan budaya Minangkabau tersebut.

Tampak hadir dalam melewakan gelar dari Penghulu/Pangulu Kaampek Suku (Pitopang, Chaniago, Pisang Malayu) Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Wendi Chandra, Anggota DPRD Limapuluh Kota (Dapil Suliki, Bukik Barisan, Gunuang Omeh) Doni Ikhlas, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari Endra Amzar, Ketua LKAAM Zulhikmi Dt.Rajo Suaro, Forkopimca, Unsur Nagari dan Niniak Mamak.

Dalam sambutannya Bupati Safaruddin memberikan apresiasi kepada Wali Nagari dan Niniak Mamak atas suksesnya gelaran perayaan Baralek Gadang Nagari Tanjuang Bungo.

Seterusnya, Ia kembali mengingatkan bahwa perlunya ninik mamak merangkul kemenakan untuk senantiasa berangkulan dalam membangun Nagari Tanjuang Bungo. Terlebih di zaman digital ini, ninik mamak berperan besar untuk mengarahkan kemajuan generasi di kaumnya.

“Upaya memajukan anak kemenakan tersebut dapat terwujud jika setiap Pangulu memiliki kesadaran untuk peningkatan kemampuan kepemimpinan dan pengetahuan”, ungkap Bupati Safaruddin.

Selain itu, Para “Datuak” tersebut hendaknya mampu mempertahankan kearifan lokal yang ada di Tanjuang Bungo sehingga dengan invasi budaya luar yang terinfiltrasi adat budaya Minangkabau dapat diatasi.

“Tidak hanya itu, Tigo Tungku Sajarangan (Niniak Mamak, Alim ulama, Cadiak Pandai) dan Walinagari harus bersinergi dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki Nagari Tanjuang Bungo”, ucap Bupati Safaruddin.

Senada dengan Bupati Safaruddin, Wali Nagari Tanjuang Bungo Yefriandi merasa bersyukur atas suksesnya pagelaran Baralek Gadang Tanjuang Bungo Kali ini.

Seterusnya ia turut mengucapkan selamat kepada niniak mamak yang dilewakan gelarnya semoga dapat bersinergi dalam membangun Nagari. “Semangat kebersamaan seluruh elemen masyarakat tentunya akan dapat mensukseskan pembangunan yang telah direncanakan sesuai RPJM Nagari tanjung bungo”, ungkap Bupati Safaruddin.

Yefrin juga mengajak seluruh masyarakat, generasi muda, perantau untuk bergandengan tangan dalam memajukan nagari sehingga mendukung program Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. (Ton)

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Berlaga di Lsi U-11, Bupati Safaruddin Acungkan Jempol untuk Ssb Liberty United

28 September 2022 - 05:40 WIB

Camat Terbaik Limapuluh Kota Rahmad Hidayat Dinilai Tim Provinsi

20 September 2022 - 11:04 WIB

Hari Perhubungan Nasional 2022, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo Berharap Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi

19 September 2022 - 21:21 WIB

Lakukan Penyegaran, Bupati Rotasi dan Mutasi 59 ASN di Lingkungan Pemkab Limapuluh Kota

19 September 2022 - 10:49 WIB

Siapkan Dana Rp 1,1 M, Bupati Safaruddin Minta LPTQ Naikkan Peringkat Limapuluh Kota di MTQ Sumbar 2023

17 September 2022 - 08:31 WIB

HKGN 2022, 832 Murid Sd Praktik Sikat Gigi Di Depan Bupati Safaruddin

12 September 2022 - 14:18 WIB

Trending di Lima Puluh Kota