Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 5 Sep 2022 12:53 WIB ·

Tanggap Keamanan Komputer, Kominfo Padang Panjang Gelar Pelatihan bagi Narahubung OPD


 Tanggap Keamanan Komputer, Kominfo Padang Panjang Gelar Pelatihan bagi Narahubung OPD Perbesar

Padang Panjang | TopSumbar – Dinas Kominfo menggelar pelatihan bagi Narahubung (Point of Contact) seluruh OPD guna meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan terhadap berbagai insiden yang mengancam keamanan komputer, Senin (5/9) di Aula Kantor Kominfo.

Melansir laman Kominfo Padang Panjang, disebutkan narahubung ini tersambung dengan Tim Koordinasi Tanggap Insiden Keamanan Komputer Kota Padang Panjang (Computer Security Incident Response Team). Dikenal dengan nama PapaKota-CSIRT.

Kepala Dinas Kominfo diwakili Kepala Bidang e-Government dan Teknologi Informasi, Jimmi Saputra, S.Sos, M.PSc, M.T menyampaikan, pentingnya keamanan komputer yang memuat data dan informasi di setiap OPD.

“Keamanan data dan informasi pada komputer tiap-tiap OPD mesti terjaga dengan baik. Kalau tak waspada, akibatnya dicuri dan bisa disalahgunakan. Inilah perlunya pelatihan bagi narahubung. Setebal apapun keamanan, kalau ada bug bisa ditembus. Kita semua harus peduli dalam menanggapi keamanan komputer,” katanya.

Adapun di antara arahan pada pelatihan yang diberikan Narasumber dari Kominfo Sumbar, Eko Paisal, S.Kom, M.M, bila komputer terhubung dengan jaringan internet, jangan sembarangan klik link yang dikirim pihak yang tidak dikenal.

“Lakukan pencatatan serangan komputer dan cara menanggulanginya. Kalau ditemukan ancaman serupa bisa diatasi. Kalau ada kemampuan menangani insiden komputer, lakukan. Kalau tidak bisa, diteruskan ke PapaKota-CSIRT,” ujarnya.

Eko meminta, narahubung menyimpan hasil bukti serangan virus dan penanganannya. Kemudian pada pelatihan ini narahubung diberikan pengetahuan jenis virus, bahayanya, serta cara menghindarinya.

(AL)

Hits: 3

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ukur Kinerja Jajaran, Kapolres Padang Panjang Pimpin Anev Mingguan

27 September 2022 - 20:34 WIB

Wako Fadly Lantik Kabid Sapras Disporapar Padang Panjang, Syahrinal E Gantikan Agung SP

23 September 2022 - 17:22 WIB

SMP Hikmah Melaju Ke Babak Final Lomba Cerdas Qur’an Padang TV

22 September 2022 - 10:09 WIB

Tertibkan Personil, Si Propam Polres Padang Panjang Gelar Gaktibplin

21 September 2022 - 20:00 WIB

Jalin Sinergitas, Rupajang MoU Dengan Polres Padang Panjang

21 September 2022 - 13:36 WIB

Pansel Pastikan Proses Seleksi KI Berjalan Sesuai Aturan

19 September 2022 - 13:38 WIB

Trending di Padang Panjang