Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 29 Sep 2022 21:54 WIB ·

RT 13 Silaing Bawah Dikunjungi Tim Penilai Kampung Pancasila Dari Kodim 0307/Tanah Datar


 RT 13 Silaing Bawah Dikunjungi Tim Penilai Kampung Pancasila Dari Kodim 0307/Tanah Datar Perbesar

Padang Panjang | TopSumbar – RT 13, Kelurahan Silaing Bawah kota Padang Panjang dikunjungi oleh Tim penilai kampung Pancasila dari Kodim 0307/Tanah Datar (TD), Kamis (29/9).

Kunjungan tim penilai yang dipimpin Pasi Intelijen Kodim 0307/TD Kapten Inf Hanifan Sirait beserta rombongan disambut Camat Padang Panjang Barat Fiori Agustian, Lurah Silaing Bawah Beni Satria, Ketua RT 13 Edi Wilson, puluhan ibu-ibu warga RT 13, dan belasan siswa-siswi SMP 2 Padang Panjang.

Rombongan tim penilai disambut suguhan atraksi tarian Taso yang dengan lincahnya dibawakan pelajar putra SMP 2 Padang Panjang.

Selain itu, rombongan tim penilai di lokasi penilaian juga disambut hangat sekelompok siswa siswi SMP 2 Padang Panjang yang tengah menggelar diskusi tentang bahaya narkoba.

Pasi Intelijen Kodim 0307/TD Kapten Inf Hanifan Sirait dalam sambutannya  dihadapan siswa-siswi dan segenap hadirin menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan diskusi yang digelar sekelompok siswa-siswi dimaksud.

“Diskusi yang adik-adik gelar merupakan kegiatan positif. Sebab, dalam diskusi akan terjadi interaksi komunikasi sesama peserta diskusi. Artinya lagi diskusi itu perlu dan begitupun nasionalis itu juga perlu karena kita berada di NKRI yang berdasarkan Pancasila,” ucapnya.

“Apalagi materi diskusi yang adik-adik bahas adalah tentang bahaya narkoba. Materi ini bagus agar adik-adik bisa mengetahui betapa bahayanya narkoba.  Narkoba No, jangan. Itu pangkal bala masalah,” sambungnya.

Lebih jauh Kapten Inf Hanifan Sirait mengatakan kunjungan tim guna melakukan penilaian sejauh mana keunggulan RT 13 Silang Bawah sebagai kampung Pancasila.

“Ini kampung Pancasila menandakan pak RT-nya hebat, pak Lurah-nya hebat, pak Camat-nya hebat, dan warganya hebat,” tutur Kapten Inf Hanifan Sirait mengapresiasi.

Usai kata sambutannya, Kapten Inf Hanifan Sirait yang turut didampingi Pasi Pers Kodim 0307/TD Letda inf Rusiyadi, Danramil 01/ Padang Panjang Kapten Inf Rudi Saragih serta rombongan melakukan penilaian dengan mengitari kampung Pancasila RT 13.

“Kami sampaikan terima kasih kepada warga RT 13 yang telah meluangkan waktu untuk penilaian ini, semoga memperoleh hasil yang maksimal,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Silaing Bawah Beni Satria di lokasi penilaian kepada Topsumbar.co.id, mengatakan kegiatan penilaian ini bertajuk penilaian kelurahan berdikari kampung Pancasila.

Lanjut Beni, sesuai MoU antara pemko Padang Panjang dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada 19 Agustus 2022, kelurahan Silaing Bawah telah dicanangkan sebagai kelurahan berdikari di kota Padang Panjang.

“Kelurahan Silaing Bawah mewakili kota Padang Panjang di ajang penilaian kampung Pancasila tingkat provinsi Sumatera barat. Semoga kelurahan Silaing Bawah bisa menjadi terbaik dan melaju ke tingkat nasional,” ujarnya.

Terpisah, masih di lokasi penilaian, Pasi Intelijen Kodim 0307/TD, Kapten Inf Hanifan Sirait dikonfirmasi Topsumbar.co.id terkait poin penilaian, mengatakan penilaian dimulai dari pengecekan pintu masuk, lokasi dalam RT tersebut, inovasi-inovasi yang ditampilkan, serta kekompakan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Ditambahkan, Kampung Pancasila ini merupakan salah satu program Kemendagri dalam membentuk kampung kerukunan umat agama. Sehingga dengan terbentuknya kampung tersebut bisa teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari di RT 13 kelurahan Silaing Bawah, hidup rukun dan sejahtera.

Terakhir, disebutkannya dengan adanya lomba Kampung Pancasila, diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Semoga masyarakat khususnya generasi muda, menyadari bahwa pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme,” pungkasnya.

(Alfian YN)

Hits: 14

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tersangka Pembunuhan di Ngalau Padang Panjang Ditangkap, MR Terancam Hukuman Mati

29 November 2022 - 17:08 WIB

Begini Kronologi Truck Pertamina yang Terjun ke Jurang di Cubadak Bungkuk Silaing

28 November 2022 - 11:13 WIB

Tidak Kuat Menanjak, Truck Pertamina Terjun ke Jurang di Cubadak Bungkuk Silaing

28 November 2022 - 05:48 WIB

Santri Perguruan Thawalib Padang Panjang Raih Anugerah Hafal al Quran

25 November 2022 - 15:08 WIB

Jalin Silaturahmi, Kapolres Padang Panjang Tatap Muka Dengan Tokoh Masyarakat Nagari Paninjauan

22 November 2022 - 21:02 WIB

Kepala Rutan Padang Panjang Punya Philosophy Menghadapi Warga Binaan, Apa Itu?

22 November 2022 - 11:32 WIB

Trending di Padang Panjang