Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Pasaman Barat · 24 Sep 2022 11:44 WIB ·

Resmikan UPTD Pelabuhan Perikanan, Wagub Audy Jemput Aspirasi Nelayan Air Bangis


 Resmikan UPTD Pelabuhan Perikanan, Wagub Audy Jemput Aspirasi Nelayan Air Bangis Perbesar

Pasaman Barat | Topsumbar – Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy meresmikan Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Perikanan Wilayah II Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Air Bangis, Pasaman Barat, Sabtu (24/9/22).

Kedatangan Wagub disambut antusias  nelayan setempat yang ingin menyampaikan aspirasi. Puluhan kelompok nelayan hadir untuk menyuarakan keluh kesah melaut pada Wagub Audy.

Dikatakan Wagub, nelayan di TPI Aia Bangih Pasaman Barat ini merupakan penyumbang 45 persen dari hasil produksi Ikan di Sumbar. Dengan garis pantai sepanjang 142 Km, potensi Perikanan Pasaman Barat yang luar biasa tidak perlu diragukan.

Oleh karena itu Wagub menyampaikan sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah provinsi terhadap potensi di Pasaman Barat, menjelang akhir tahun 2022 ini masih banyak bantuan yang akan diberikan guna meningkatkan kemampuan produksi maupun hilirisasi sektor perikanan Pasaman Barat.

“Masih banyak bantuan yang akan kita berikan, mulai dari mesin tempel 15 dan 4 PK, longtail, gill net, trammel net, dan bantuan lainnya. Selain itu ke depan juga akan kita perkuat hilirisasi untuk meningkatkan nilai produk perikanan,” kata Wagub.

Terkait illegal fishing yang juga banyak dikeluhkan oleh nelayan setempat, Wagub menuturkan saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tengah menggodok Peraturan Gubernur yang mengatur perlindungan dan pemberdayaan Ikan oleh nelayan.

“Kita harus melindungi nelayan-nelayan kita di Sumbar agar tidak dirugikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab ketika menangkap Ikan,” sambung Wagub.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menyampaikan ungkapan terimakasih atas perhatian pemerintah provinsi terhadap nelayan Aia Bangih. Ia berpesan pada nelayan untuk tetap menjaga laut Pasaman Barat.

“Kalau dikelola dengan baik, dipastikan nelayan akan mendapat manfaat sebesar-besarnya,” tuturnya.

Adapun keluhan nelayan lainnya mengenai adanya pendangkalan sungai yang menjadi tempat bersandar kapal nelayan serta kurangnya kuota distribusi BBM bagi nelayan Aia Bangih, Wagub mengatakan akan segera melakukan pendataan dan komunikasi dengan stakeholder terkait. (HT)

Hits: 3

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bermodal Politisi Senior dan Milenial, PPP Pasbar Bersiap Gebrak Pemilu Serentak 2024

12 November 2022 - 14:19 WIB

Kejari Pasbar Terima Pengembalian Uang Diduga Hasil Korupsi Pembangunan RSUD

21 Oktober 2022 - 13:35 WIB

Perdana di Sumbar, Kejari Pasbar Tuntaskan Kasus Narkoba Melalui Restorative Justice

20 Oktober 2022 - 20:20 WIB

Akan Didatangi Presiden, Kepala BNPB Minta Pemkab Pasaman Segera Serahkan Dokumen R3P

16 Oktober 2022 - 16:35 WIB

Menolak Bebaskan Anggota Ormas SPI, Lapas III Talu Bantah Langgar Prosedur

8 Oktober 2022 - 10:37 WIB

Kunjungi Pasaman, Wagub Audy Tinjau Perbaikan Jalan hingga Sosialisasikan Bantuan Benih Jagung

3 Oktober 2022 - 11:13 WIB

Trending di Pasaman Barat