Pemprov Sumbar Perkenalkan Binuang Jadi Maskot Desa Wisata Agro Sumbar

Padang Panjang | TopSumbar – Pemprov Sumatera Barat memperkenalkan Binuang sebagai maskot Desa Wisata Agro. Peluncuran maskot tersebut bersamaan dengan Launching 50 Desa Wisata Agro Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (13/9), di Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Padang Panjang.

Maskot Binuang yang dipaparkan dalam sebuah video singkat saat acara tersebut, mempunyai sejumlah filosofi. Yaitu sebagai sosok kerbau kecil legendaris di ranah Minang. Dalam kisahnya, kerbau junior itu dinilai berperan mempertahankan marwah Kerajaan Pagaruyuang.

Ilustrator mengambarkan kesan energik pada Binuang sesuai dengan pariwisata Sumbar yang penuh kebaruan dan semangat. Binuang juga dideskripsikan sebagai sosok yang ceria, menggunakan atribut petani saat menuju ke sawah atau ke ladang.

Bacaan Lainnya

Binuang selalu tersenyum, sebab di dunia pariwisata adalah kunci kenyamanan. Karakter Binuang diisyaratkan kuat berjalan sebagai bentuk optimisme menghadapi masa depan.

Binuang diberi warna hijau toska, bermakna pertemuan hijau dan biru. Hijau mewakili bumi, biru mewakili langit. Artinya dunia pertanian adalah perpaduan kondisi lahan dan cuaca.

Maskot Binuang diciptakan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Muhammad Fadhli S.Sn, M.Sn yang akrab dikenal dengan nama Ajo Wayoik.

(AL)

Pos terkait