Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 30 Sep 2022 12:08 WIB ·

Pagi Tadi Gempa bumi Dirasakan di Padang Panjang, Ini Analisa BMKG


 Pagi Tadi Gempa bumi Dirasakan di Padang Panjang, Ini Analisa BMKG Perbesar

Padang Panjang | TopSumbar – Pagi tadi, Jumat (30/9), gempabumi dirasakan di kota Padang Panjang. Gempa bumi tersebut cukup mengagetkan warga kota berjuluk kota serambi mekah itu.

Gempa bumi yang dirasakan di kota Padang Panjang pagi tadi itu dibenarkan oleh Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Metreologi kelas 1 Padang Panjang.

“Hari ini Jumat, 30 September 2022 pukul 06:24:55 WIB telah terjadi gempa tektonik di Padang Panjang, Sumbar,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Suaidi Ahadi dalam siaran pers tertulis tidak lama setelah kejadian gempabumi.

Ia menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=3.5.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.59 LS dan 100.42 BT atau tepatnya berlokasi di Darat pada 14 km Tenggara Padang Panjang pada kedalaman 10 km,” terangnya.

Kemudian jenis gempabumi ini, sebut Suaidi, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar aktif segmen Sianok.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar aktif segmen Sianok,” sebutnya.

Lanjut Suaidi, guncangan gempabumi ini dirasakan di Padang Panjang II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” imbuhnya.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” sambungnya.

Terkait gempabumi susulan, sebut Suaidi, sampai dengan hari Jumat, 30 September 2022 pukul 06.35 WIB belum tercatat adanya gempabumi susulan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” sebutnya merekomendasikan.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” tutupnya.

(Alfian YN)

Hits: 28

Artikel ini telah dibaca 129 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tersangka Pembunuhan di Ngalau Padang Panjang Ditangkap, MR Terancam Hukuman Mati

29 November 2022 - 17:08 WIB

Begini Kronologi Truck Pertamina yang Terjun ke Jurang di Cubadak Bungkuk Silaing

28 November 2022 - 11:13 WIB

Tidak Kuat Menanjak, Truck Pertamina Terjun ke Jurang di Cubadak Bungkuk Silaing

28 November 2022 - 05:48 WIB

Santri Perguruan Thawalib Padang Panjang Raih Anugerah Hafal al Quran

25 November 2022 - 15:08 WIB

Jalin Silaturahmi, Kapolres Padang Panjang Tatap Muka Dengan Tokoh Masyarakat Nagari Paninjauan

22 November 2022 - 21:02 WIB

Kepala Rutan Padang Panjang Punya Philosophy Menghadapi Warga Binaan, Apa Itu?

22 November 2022 - 11:32 WIB

Trending di Padang Panjang