Pagi Tadi Gempa bumi Dirasakan di Padang Panjang, Ini Analisa BMKG

Padang Panjang | TopSumbar – Pagi tadi, Jumat (30/9), gempabumi dirasakan di kota Padang Panjang. Gempa bumi tersebut cukup mengagetkan warga kota berjuluk kota serambi mekah itu.

Gempa bumi yang dirasakan di kota Padang Panjang pagi tadi itu dibenarkan oleh Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Metreologi kelas 1 Padang Panjang.

“Hari ini Jumat, 30 September 2022 pukul 06:24:55 WIB telah terjadi gempa tektonik di Padang Panjang, Sumbar,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Suaidi Ahadi dalam siaran pers tertulis tidak lama setelah kejadian gempabumi.

Bacaan Lainnya

Ia menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=3.5.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.59 LS dan 100.42 BT atau tepatnya berlokasi di Darat pada 14 km Tenggara Padang Panjang pada kedalaman 10 km,” terangnya.

Kemudian jenis gempabumi ini, sebut Suaidi, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar aktif segmen Sianok.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar aktif segmen Sianok,” sebutnya.

Lanjut Suaidi, guncangan gempabumi ini dirasakan di Padang Panjang II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” imbuhnya.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” sambungnya.

Terkait gempabumi susulan, sebut Suaidi, sampai dengan hari Jumat, 30 September 2022 pukul 06.35 WIB belum tercatat adanya gempabumi susulan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” sebutnya merekomendasikan.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” tutupnya.

(Alfian YN)

Pos terkait