Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Parlemen · 2 Sep 2022 14:56 WIB ·

Lisda Hendrajoni Minta Penyaluran BLT Diawasi Ketat


 Lisda Hendrajoni Minta Penyaluran BLT Diawasi Ketat Perbesar

Jakarta | Topsumbar – Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Lisda Hendrajoni meminta pengawasan penyaluran pemberian segera tunai (BLT) ditingkatkan. Hal itu untuk menghindari oknum-oknum nakal yang tidak bertanggung jawab.

Pemerintah merasa mencairkan BLT sebesar Rp600.000 kepada masyarakat grup penerima fungsi (KPM) merasa Kamis, (1/9). Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, kuantitas anggaran yang disiapkan untuk BLT sebesar Rp12,4 Triliun.

“Kita meminta seluruh pihak ikut terlibat didalam pengawasan penyaluran bansos ini. Jangan sampai ada oknum yang tidak bertanggung jawab, atau pihak manapun yang memotong, agar kuantitas yang di terima masyarakat tak sesuai. Saya minta kita seluruh mengawasi, jangan sampai ada yang disunat,” ujar Lisda didalam keterangannya, Jumat (2/9/2022).yang lalu.

Seperti diketahui BLT adalah salah satu dari tga style pemberian sosial (Bansos) yang disiapkan pemerintah sebagai pengalihan subsidi BBM. Dua style bansos lainnya adalah bansos untuk karyawan bersama dengan upah maksimal Rp3,5 juta yang diberikan kepada 16 juta orang bersama dengan total nilai Rp9,6 triliun dan bansos untuk pemerintah area sebesar Rp2,17 triliun. Seluruh bansos selanjutnya sebesar Rp24,17 triliun.

Selaku bagian Komisi VIII DPR RI yang bermitra bersama dengan Kementerian Sosial, Lisda termasuk mewanti-wanti petugas berkaitan kasus information yang tetap jadi polemik.

“Kita peringatkan ulang soal data. Jangan sampai ada temuan manipulasi information lagi. Sehingga yang terima bukanlah yang berhak dan jadi tidak tepat sasaran. Termasuk bersama dengan information ganda. Jangan ada petugas yang coba-coba bermain di sini,” tegas Lisda.

Terkait BLT yang diberikan kepada masyarakat penerima manfaat, Lisda mengaku cukup suka mendengar kabar tersebut. BLT selanjutnya dapat melindungi energi membeli masyarakat, antisipasi pengaruh dari kenaikan harga BBM.

“Dengan adanya BLT, tentu saja untuk menaikkan energi membeli masyarakat sebagai pengaruh dari kenaikan harga BBM. Kita menopang program ini, gara-gara memang berpihak pada rakyat kecil, dibandingkan bersama dengan subsidi BBM yang fakta di lapangan lebih banyak dinikmati masyarakat yang telah berkecukupan,” tegasnya.

Legislator NasDem dari Dapil Sumatra Barat I (Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Sijunjung, Tanah Datar, Kepulauan Mentawai, Dharmasraya, Solok Selatan, Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto, dan Kota Padangpanjang) itu berharap, pemerintah terus-menerus didalam menjalankan program tersebut, termasuk bersama dengan total anggaran pemberian sosial yang disiapkan sebesar Rp24,17 triliun.

“Semoga BLT BBM selanjutnya terlalu bakal diberikan kepada sebanyak 20,65 juta KPM atau masyarakat miskin, senilai Rp600.000. Termasuk terus-menerus bersama dengan anggaran yang disiapkan,” pungkasnya.(*)

Hits: 3

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

6 Fraksi DPRD Kritisi Nota Keuangan Walikota Terhadap Ranperda APBD-P TA 2022 dan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah

22 September 2022 - 18:36 WIB

Perkuat Kerjasama Pariwisata Berbasis Kebudayaan, Ketua DPRD Sumbar Kunjungi Provinsi Riau

16 September 2022 - 19:55 WIB

Lisda Hendrajoni Audiensi Bersama Filantropi Indonesia

15 September 2022 - 09:10 WIB

Tim Monev KI Sumbar Terkesima di DPRD, DPRD Soal Keterbukaan Informasi Publik All Out

13 September 2022 - 10:53 WIB

Gubernur Sumbar Sampaikan Nota Pengantar Perubahan APBD 2022

11 September 2022 - 11:05 WIB

Ketua DPRD Sumbar Sosialisasikan Perda Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Narkotika

10 September 2022 - 11:18 WIB

Trending di Parlemen