Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Internasional · 14 Sep 2022 11:14 WIB ·

Laporan dari Polandia : Indonesia Raih Berbagai Penghargaan Dari Airports Council International


 Laporan dari Polandia : Indonesia Raih Berbagai Penghargaan Dari Airports Council International Perbesar

Internasional | TopSumbar – Indonesia patut berbangga dengan kinerja pengelolaan bandar udara yang terus membaik dalam melayani para penumpang domestic dan international.

Hal ini antara lain terlihat dari beberapa penghargaan yang diperoleh Indonesia dari lembaga Airport Council International (ACI) yang diserahkan kepada perwakilan beberapa bandara Indonesia di Kota Krakow, Polandia pada tanggal 14 September 2022.

Minister Counsellor for Economic Affairs (Koordinator Fungsi Ekonomi) KBRI Warsawa, Polandia,Taufiq Lamsuhur menyebutkan tidak tangung-tanggung 13 bandara Indonesia mendapatkan penghargaan.

“Penghargaan ACI Airport Service Quality yang bersifat tahunan ini diberikan disela-sela penyelenggaraan Customer Experience Global Summit yang diselenggarakan kali ini di Kota Krakow, Kota Budaya, Polandia, 13-15 September 2022,” sebut Taufiq melalui keterangan tertulis diterima Topsumbar.co.id, Jumat, 16 September 2022.

Lanjut Taufiq, adapun penghargaan yang diperoleh Indonesia untuk edisi tahun 2021, adalah:

*Best Airports By Size And Region (Untuk Kawasan Asia Pasifik):*

Bandara yang melayani penumpang dibawah 2 juta orang:

Pattimura International Airport (Ambon).

Sultan Thaha Airport (Jambi).

 Bandara yang melayani penumpang antara 2 – 5 juta orang:

Jenderal Ahmad Yani International Airport (Semarang).

Adi Soemarmo International Airport (Surakarta).

Bandara yang melayani penumpang antara 5-15 juta orang:

Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport (Balikpapan).

Sultan Hasanuddin International Airport (Makassar).

Yogyakarta International Airport (Yogyakarta).

 *Best Hygiene Measures By Region (untuk Kawasan Asia Pasifik):

Depati Amir Airport (Pangkal Pinang).

Kualanamu International Airport (Medan).

Soekarno-Hatta International Airport (Jakarta).

Sultan Syarif Kasim II International Airport (Pekanbaru).

Sultan Thaha Airport (Jambi).

Supadio International Airport (Pontianak).

“Khusus untuk Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, penghargaan ini adalah yg ke-5 kalinya secara berturut selama 10 tahun. Prestasi ini hanya diperoleh oleh 4 bandara lainnya di dunia,” ungkap Taufiq.

Taufiq juga menyebutkan, perwakilan Indonesia pada kesempatan penerimaan penghargaaan ini diwakili oleh Indah Preastuty Vice President Airport Operation and Services, PT Angkasa Pura I, yang turut didampingi oleh beberapa General Manager dari bandara-bandara terkait di Indonesia.

Pada kesempatan itu Indah menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah salah satu bentuk dari pengakuan dunia internasional atas kinerja bandara-bandara Indonesia.

“Achievement ini adalah bentuk komitmen angkasa pura di dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa khususnya penumpang walaupun di masa pandemi COVID-19 disaat kinerja keuangan dan operasional yang mengalami tekanan yang luar biasa masih dapat memberikan pelayanan yang maksimal,” tutur Indah.

 Ditambahkan Indah, penghargaan ini akan menjadi motivasi tersendiri untuk melanjutkan kinerja dan pelayanan bandara-bandara di Indonesia.

“Bandara saat ini menjadi bagian penting dalam mendorong datangnya wisatawan dan juga para investor asing ke Indonesia dan juga menjadi bagian sistem distribusi logistik daerah dan internasional,” ujarnya.

Diujung keterangan tertulisnya, Taufiq Lamsuhur menerangkan bahwa ACI adalah lembaga bandara dunia yang bermarkas di Montreal Kanada dan beranggotakan hampir 2.000 bandara di seluruh dunia.

Sejak berdiri tahun 1991, ACI meluncurkan penghargaan Airport Service Quality Awards (ASQ), atas dasar survey dan interview para penumpang.

“Penghargaan untuk tahun 2021 diberikan untuk 2 kategori: Best Airport by Region dan Best Hygiene Measures Airport by Region,” pungkas Taufiq yang juga adalah pemerhati isu-isu Polugri.

(AL)

 

Hits: 37

Artikel ini telah dibaca 88 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rendang Minang Diminati Masyarakat Polandia

25 September 2022 - 15:16 WIB

HUT Ke-77 RI : Kemeriahan dan Kegembiraan Ala Indonesia di Warsawa

19 Agustus 2022 - 13:12 WIB

Miss Supranational Indonesia Promosikan Pariwisata Indonesia di Polandia, Rendang Turut Diperkenalkan

20 Juli 2022 - 00:47 WIB

Dubes Indonesia Untuk Turki: Terima kasih Bupati Sijunjung

17 Juli 2022 - 21:47 WIB

Adinda Cresheilla, Putri Cantik Asal Batu Raih 3rd Runner-Up di Ajang Miss Supranational 2022

16 Juli 2022 - 15:12 WIB

Perwakilan RI di Polandia Adakan Nobar PPTM 2022

7 Januari 2022 - 15:01 WIB

Trending di Internasional