Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Agam · 28 Sep 2022 23:12 WIB ·

Kehidupan Lintas Agama di Agam Terbangun Kondusif


 Kehidupan Lintas Agama di Agam Terbangun Kondusif Perbesar

Agam | TopSumbar – Kerukunan umat lintas agama di Kabupaten Agam terbangun dengan baik. Nyaris tidak ada konflik agama yang terjadi kendati kran migrasi terbuka lebar.

Melansir laman AMC news, hal itu disampaikan Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah, Drs H Edi Busti, M.Si saat menerima kunjungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Dumai di Kabupaten Agam.

“Kerukunan umat beragama di Agam ini terbangun dengan baik, tidak ada konflik yang terjadi meski migrasi masyarakat tidak bisa kita bendung, tapi kerukunan umat beragama terjalin kondusif,” ujarnya.

Menurutnya, toleransi masyarakat mayoritas (Muslim,red) di Kabupaten Agam terbilang tinggi. Masyarakat minoritas pun katanya, juga mampu menyesuaikan diri dalam kehidupan bermasyarakat.

Di samping itu, peran ninik mamak terbilang besar di dalam menjaga kerukunan. Dikatakan, peran ninik mamak dan penghulu mampu menjadi wadah penyelesaian konflik sejak dini.

“Potensi-potensi yang akan menciptakan konflik itu bisa terkendali lebih awal, artinya ada pendeteksian dini,” ungkapnya.

Ketua FKUB Agam, Drs Ahmad Kadyan, Dt. Panghulu Rajo menambahkan, nyaris tidak ada gesekan kehidupan umat lintas agama di Kabupaten Agam. Jika pun ada, gesekan yang terjadi hanya di internal agama tertentu.

“Hal ini dikarenakan, saudara-saudara kita yang datang dari luar sudah merasa bersaudara, karena toleransi yang tinggi,” ujarnya.

(AL)

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Dibuka Bupati Pagi Ini, 501 Hafiz dan Hafizdah Siap Ikuti MHQ Perdana di Agam

24 November 2022 - 19:40 WIB

Musibah Gempa Cianjur, Pemkab Agam Turut Berduka

23 November 2022 - 19:37 WIB

Ny Yenni Andri Warman Kukuhkan Ketua Forikan Kecamatan dan Nagari

22 November 2022 - 19:34 WIB

Dukung Forum Satu Data, Bupati Agam Minta OPD Sediakan Data Akurat 

22 November 2022 - 19:32 WIB

Bawaslu Agam Komit Jadi Lembaga Pengawas Pemilu Terpercaya

21 November 2022 - 19:29 WIB

BKMT Tilatang Kamang Juara Umum Jambore BKMT Pertama Agam

21 November 2022 - 12:08 WIB

Trending di Agam