Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang · 29 Sep 2022 11:46 WIB ·

Jajaki Kerjasama Pengelolaan Sampah, Wagub Audy Terima Kunjungan Kedutaan dan Kementerian Lingkungan Hidup Denmark


 Jajaki Kerjasama Pengelolaan Sampah, Wagub Audy Terima Kunjungan Kedutaan dan Kementerian Lingkungan Hidup Denmark Perbesar

Padang | TopSumbar – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Medi Iswandi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Siti Aisyah, dan Kepala Dinas Cipta Marga dan Tata Ruang Sumbar, Erasukma Munaf menerima kunjungan dari Kedutaan Denmark dan Danish Environmental Protection Agency (DEPA) di Kompleks Istana Gubernuran Sumbar, Padang, Kamis malam (29/9/22).

Kedatangan Kementerian Perlindungan Lingkungan Denmark ini kata Wagub, merupakan kunjungan balasan atas studi terkait pengelolaan sampah yang sebelumnya dilakukan Bappeda dan DLH Sumbar bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ke Denmark Juli lalu.

Wagub Audy menyambut baik peluang kerjasama antara Denmark dan Sumatera Barat. Dalam pertemuan itu, Wagub menerangkan kebijakan pengelolaan sampah yang saat ini diterapkan di Sumatera Barat. Diantaranya pemilahan sampah, pengelolaan sampah melalui Refused Derived Fuel (RDF), Komunitas Bank Sampah, dan pengolahan sampah menjadi pupuk melalui pembiakan maggot.

“Di Denmark mungkin belum ada pengolahan sampah dengan peternakan maggot. Ini juga bisa barangkali bisa menjadi inovasi yang dipelajari Kementerian Lingkungan Hidup Denmark di Indonesia, disamping peluang kerjasama lain yang akan kita jajaki nantinya,” terang Wagub.

Hal serupa juga disampaikan July B. Appelqvist, Kepala Sektor Kerjasama Lingkungan Kedutaan Denmark. Ia menyebutkan tujuan audiensi bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat adalah untuk mengidentifikasi dan mengumpulkan masukan terkait peluang-peluang kerjasama pengelolaan sampah antara Denmark dengan Indonesia, khususnya Sumatera Barat.

Menurut July setiap permasalahan sampah memiliki tantangan dan solusi tersendiri. Ia juga mengapresiasi kebijakan pengelolaan sampah di Sumatera Barat yang menurutnya telah dimulai dengan baik.

“Kami sangat mengapresiasi sambutan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, serta kebijakan pengelolaan sampah yang telah dilakukan di Sumbar. Kami berpandangan kerjasama pengelolaan sampah ini sangat penting untuk kita lanjutkan,” ujarnya.

Sebelumnya July menjelaskan, pihaknya berada di Padang selama satu minggu untuk mempelajari kebijakan-kebijakan dan kondisi pengelolaan sampah di Sumatera Barat. Usai kunjungan tersebut Ia berharap pihaknya dapat segera kembali ke Sumbar untuk menindaklanjuti rencana kerjasama atara kedua belah pihak tersebut. (HT)

Hits: 1

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Miko Kamal: Festival Batang Arau Bakal Digelar Akhir Tahun

25 November 2022 - 11:34 WIB

Insya Allah, Agustus 2023 Nanti Anggota DPRD Tempati Gedung Baru

16 November 2022 - 17:02 WIB

Top Travelers Media Network Gagas Donasi Promo UMKM Dukung Pemulihan Pasca COVID-19

16 November 2022 - 16:44 WIB

Maju Calon Ketua IDI Sumbar Ini Visi dan Misi Dr Andani Eka Putra

16 November 2022 - 10:43 WIB

3 Blogger Jadi Best of The Best Lomba Blog KIP Sumbar

15 November 2022 - 22:54 WIB

Jenazah Lansia Tanpa Identitas di Rumah Sakit Bhayangkara Padang, Ini Ciri-Cirinya

15 November 2022 - 22:09 WIB

Trending di Padang