Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Payakumbuh · 29 Sep 2022 13:01 WIB ·

Hadiri Penyelenggaraan Jenazah Suwandel Muchtar, Irfendi Arbi: Beliau Pemimpin Yang Baik


 Hadiri Penyelenggaraan Jenazah Suwandel Muchtar, Irfendi Arbi: Beliau Pemimpin Yang Baik Perbesar

Payakumbuh | TopSumbar – Penghormatan terakhir kepada almarhum Suwandel Muchtar, Wakil Wali Kota Payakumbuh Periode 2012-2017 dilaksanakan di depan kantor wali kota, Kamis (29/9).

Hadir Mantan Wali Kota Payakumbuh Periode 2012-2022 Riza Falepi, Mantan Wali Kota Payakumbuh Periode 2002-2012 Josrizal Zain, Mantan Bupati Limapuluh Kota Periode 2016-2021 Irfendi Arbi, Mantan Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi Dt. Batujuah yang juga Mantan Sekda Kota Payakumbuh, pensiunan ASN, ASN, Ketua MUI Erman Ali, dan tokoh masyarakat lainnya.

Suwandel Muchtar lahir pada 16 November 1954 silam, adalah seorang birokrat, politikus, dan dosen Indonesia. Sebelum masuk dunia politik, Dia lama berkarir sebagai PNS di Universitas Negeri Padang, terakhir sebagai Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNAND.

Putra Koto Nan Ompek itu wafat meninggalkan 1 istri dan 3 orang anak. Jenazah dikebumikan di komplek pemakanan keluarga di lingkungan Piliang, Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kecamatan Payakumbuh Barat.

DR. Afriwaldi mewakili keluarga besar menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan almarhum semasa hidupnya dan berharap keikhlasan hati masyarakat untuk memaafkannya.

Sementara itu, Mewakili Tokoh Masyarakat, Wali Kota Periode 2012-2022 Riza Falepi menyampaikan Suwandel Muchtar adalah birokrat yang baik, mau bersama-sama turun ke bawah semasa jadi wawako,  banyak bagi tugas dan Riza banyak terbantu olehnya.

“Meski dulu ada perbedaan pandangan terhadap penanganan permasalahan, namun itu bisa dibicarakan dan didiskusikan hingga dapat mengambil keputusan,” kata Riza.

Riza menambahkan, dirinya merasa bangga, sewaktu menjalankan pemerintahan di periode 2012-2017 Dia disuppor oleh seorang kakak, waktu itu Riza masih muda dan ingin bekerja cepat, sementara Suwandel adalah orang yang senior, pembawaannya begitu tenang.

“Semoga semua dedikasinya untuk masyarakat menjadi amal ibadah bagi beliau. Pemimpin yang baik, adil, dan mengayomi masyarakat, semoga balasannya surga. Mari kita doakan semoga dilapangkan kuburnya dan ditempatkan di sisi Sang Maha Kuasa,” harapnya.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Payakumbuh, mewakili Pj. Wali Kota Rida Ananda, Plt. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi mengungkapkan rasa kesedihan yang mendalam atas kepergian orang tua yang pernah menjabat dengan gaya kepemimpinannya yang kebapakan, humble, dan mudah bergaul.

“Sebagai bentuk cinta kami kepada bapak Suwandel, kami meminta kepada pihak keluarga untuk meminta disemayamkan di balai kota terlebih dahulu sebelum diantar ke tempat peristirahatan terakhirnya, agar semua bisa memberikan penghormatan terakhir. Selamat jalan bapak Suwandel Muchtar, kami mencintaimu,” pungkasnya.

Sementara itu, Irfendi Arbi yang dimintai keterangannya, mengungkapkan rasa kehilangannya atas kepergian Suwandel

Muchtar, Ia mengatakan Almarhum adalah sosok pemimpin yang sangat ramah dan baik kepada semua orang.

“Luak Limopuluah kehilangan seorang tokohnya lagi, saya bersaksi beliau adalah orang baik dan sangat ramah kepada siapapun. Saya mendoakan semoga Almarhum diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT dan ditempatkan ditempat sebaik-baiknya disisiNya, serta kepada keluarga yang ditinggalkan diberi kesebaran dan keikhlasan,” ujar Bupati Limapuluh Kota Periode 2016-2021 tersebut.

Diketahui Irfendi Arbi dengan Suwandel Muchtar merupakan dua orang tokoh Luak Limopuluah yang satu almamater, yakni sama-sama lulusan Universitas Andalas. (Ton)

Hits: 14

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

HUT Korpri ke 51 Berlangsung Semarak di Kota Payakumbuh

24 November 2022 - 19:10 WIB

HBT Salurkan Bantuan Lawan Stunting, Wako Rida Ananda Teharu : Terima Kasih, Gayuang Kami Basambuik

23 November 2022 - 19:43 WIB

MUI Payakumbuh Himbau Sekolah dan Instansi Galang Infak Bantu Gempa Cianjur

23 November 2022 - 19:08 WIB

Sah! Perda APBD 2023 Disepakati Pemko dan DPRD Payakumbuh

22 November 2022 - 21:20 WIB

Poltekes Kemenkes Padang Prodi D3 Kebidanan Bukittinggi Lakukan Penelitian Di Payakumbuh, Ada Bundo Manyapo

22 November 2022 - 21:16 WIB

Pj. Wali Kota Payakumbuh Sambut Arak-arakan Pawai Khatam Al Quran MDTA Masjid Nurul Iman

21 November 2022 - 22:46 WIB

Trending di Payakumbuh