Event Rang Solok Baralek Gadang Hadirkan Permainan Anak Nagari

Kota Solok | Topsumbar – Hari kedua Event Rang Solok Baralek Gadang menghadirkan berbagai event yang menarik di antaranya permainan tradisi anak nagari seperti tarik tambang baluluak, pacu upiah, pacu baluik dan festival layang-layang, Jumat (23/9/2022).

Selain diikuti oleh anak-anak sekolah, juga diikuti oleh seluruh OPD di Kota Solok dan masyarakat yang berkunjung ke lokasi kegiatan. Bahkan Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra juga ikut berpartisipasi dalam pada lomba tarik tambang baluluak antar OPD usai apel gabungan dan senam bersama seluruh ASN Pemko Solok di hamparan Sawah Solok.

Kabid Jasa Usaha dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Solok, Febri Wilda yang terjun langsung sebagai panitia permainan anak nagari merasa sangat gembira dengan luar biasanya antusias pengunjung terutama para pelajar yang mengabadikan permainan anak nagari ini melalui media sosial masing-masing.

Bacaan Lainnya

“Hari kedua ini juga ada workshop layang-layang dan pameran layang-layang baik dari dalam dan luar negeri. Ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sore nanti juga bakal berlangsung lomba layang-layang tradisional,” sampainya.

Rang Solok Baralek Gadang merupakan perhelatan masyarakat Kota Solok menyambut hasil panen padi yang melimpah. Kendati Kota Solok telah tumbuh menjadi daerah urban namun sebagian wilayahnya tetap bertahan sebagai areal sawah, tempat menghasilkan Beras Solok yang ternama.

Hamparan sawah dengan budaya yang masih hidup di tengah masyarakat menjadi keunikan tersendiri bagi Kota Solok. Pemandangan pertanian menghampar di tengah pemukiman dan perkantoran. Kondisi inilah yang dirayakan melalui event Rang Solok Baralek Gadang. (gra)

Pos terkait