Edukasi Pemilih Pemula KPU Padang PariamanLaksanakan Lomba Vlog

Padang Pariaman | Topsumbar – Keterlibatan pemilih pemuladalam pemilu sangatlah penting, mengingat  jumlahpemilih pemula setiap hajatan pemilu mencapai angka30%, edukasi ke pemilih pemula serta meningkatkankesadaran mereka untuk terlibat secara aktif dalammengawal proses Pemilu sangat penting termasukPemberian edukasi politik serta Pendidikan, PemilihPemula dianggap paling riskan terhadap pengaruh-pengaruh negatif dari luar, sehingga mengakibatkanmereka menjadi apatis dan pragmatis terhadap Pemilu.

Menanggapi realitas tersebut KPU Padang Pariaman Dalam rangka untuk memicu semangat  Pemilih Milenialatau Pemilih Pemula melalui duta demokrasi sebagaipelopor dikalangan Pemilih Pemula dikabupaten Padang Pariaman untuk melahirkan ide-ide baru yang menarikserta bisa mengajak pemilih untuk ikut berpartisipasi.

Untuk Menyampaiakan Pesan dan Ajakan Kepemiluan lewat media sosial serta menghimbauan ikut sertamenyukseskan pemilu tahun 2024, maka KPU Padang Pariaman menyelenggarakan lomba video blog (vlog) ditingkat Sekolah Menegah Sederat yang diaktori Olehduta demokrasi yang telah dibentuk oleh KPU Padang Pariaman  dengan tema Partisipasi Pemilu 2024 Wujudkan Kebagian Generasi Z” Lomba video vlogdilaksanakan secara digital melalui media sosial.

Bacaan Lainnya

Adapun ketentuan dari pelaksaan Lomba Vlog yang dilaksanakan oleh KPU Padang Pariaman ini Karya harusorisinil, tidak plagiat, menampilkan atribut warna, lambang, kode jari, nomor, musikal  dan jargon  termasuk warna yang identik dengan kontestan pemilu, Karya tidak memicu konflikSARA, kekerasan dan pornografi.

Sedangkan Mekanisme Pendaftaran, Pengiriman Video danUpload Karya Peserta register  registrasi melalui form online dengan alamat link Bit.ly https://bit.ly/Form_Pendaftaran_LombaVlog_DutaDemokrasiDan mengirim mengirimkan karya orisinil melalui email KPU Kabupaten Padang Pariaman dengan alamat e-mail[email protected]. Panitia Lomba VlogKPU Padang Pariaman nantinya akan mengupload video yang dikirim oleh peserta kehalaman media sosial resmipadang pariaman (Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok). Peserta  melakukan share video vlog  yang telahdiupload oleh KPU Padang Pariaman melalui lewat akunakun media sosial resmi KPU Padang Pariaman.

Untuk Penilaian dari Lomba Vlog ini berdasarkan akumulasidari viewer, like, comment dan share.dari nitizen. Sedangkanwaktu pelaksanaan lomba ini waktu Pendaftaran 5-25 September 2022, dilanjutkan dengan verifikasi Vidio OlehPanitia tanggal 6 setember – 30 september 2022, sedangkan Proses Upload dan penilaian dari netizen 6 septemebr – 10 November 2022.

Untuk nominasi dari lomba vlog ini KPU Padang Pariaman Memberikan hadiah Menarik Juara 1Uang tunai 1.5 Juta Rupiah ditambah Sertifikat dan Trophy, Juara II uang tunai 1 Juta Rupiah ditambah Sertifikat danTrophy, Juara III : uang tunai 750 Ribu Rupiah ditambahSertifikat dan Trophy, Sedangkan Favorit satu uang tunai600 Ribu Rupiah ditmabah  Sertifikat,dan Favorit II uangtunai 400 Ribu Rupiah ditambah Sertifikat dan nantinyaakan digelar malam penganugrahan oleh KPU padangPariaman terhadap Nominasi dari Lomba terssebut. (Rilis/Len)

Pos terkait