Deretan 7 Jenis Kain untuk Membuat Baju Muslim Wanita

Fashion | Topsumbar – Bahan apa saja yang bisa dipakai untuk membuat baju muslim wanita? Berikut ini adalah list jenis kain yang biasa dijadikan bahan baju wanita tersebut.

1. Satin

Baju muslim wanita dapat dibuat dari bahan kain satin. Kain satin akan memberikan tampilan glossy dan kesan yang mewah. Kain ini tidak mudah kusut, bertekstur licin, halus, dan lembut.  Terasa ringan dan bersifat jatuh saat dikenakan.

Bacaan Lainnya

Satin akan memberikan kesan glamor. Oleh sebab itulah kain ini bisa diubah menjadi baju muslim yang berkesan formal dan glamor. Namun, sebab itu juga banyak orang yang menganggap bahan satin tidak  dipakai untuk sehari-hari.

2. Katun

Katun terbuat dari serat alami. Bahan tersebut dikenal sebagai bahan yang anti gerah dan mudah menyerap keringat. Sangat cocok untuk dipakai pada saat cuaca panas. Bertekstur halus, lembut, dan berbobot ringan.

Kain katun akan memberikan kesan yang sederhana. Bahan berharga murah ini mudah kusut dan mengkerut jika sudah dipakai berulang-ulang kali. Namun untuk perawatannya cukup mudah. Anda dapat mencuci baju bahan katun dengan mesin cuci atau memakai langsung tangan.

3. Poliester

Kain polyester terbuat dari kombinasi Etanol Glikol dan Asam Tereftalat. Baju muslim wanita berbahan polyester sangatlah awet, tidak mudah kusut, tidak mudah berubah bentuk, dan mudah dikeringkan. Perawatan baju dari bahan ini juga cenderung mudah.

Namun, bahan ini memiliki daya serap keringat yang kurang baik dan mudah lembab. Sebab itulah, bahan ini kurang nyaman digunakan.

4. Chiffon

Bahan Chiffon terbuat dari serat alami yang berupa kapas. Namun, ada pula yang terbuat dari bahan sintetis, seperti nilon, polyester, dan rayon. Ada juga yang terbuat dari kombinasi bahan sintetis dan Ali.

Secara garis besar, kain chiffon mempunyai karakteristik yang ringan, lembut, dan flowy. Mudah dirawat dan mudah dibentuk. Selain itu bahan chiffon juga mudah menyerap keringat. Namun, mudah sobek. Mungkin sebab itulah harganya murah.

5. Sutra

Baju muslim wanita biasanya juga terbuat dari kain sutra yang berasal dari serat alami. Sutra mempunyai karakteristik yang elastis, kuat, ringan, lembut, halus, dan berkilau. Baju yang berbahan sutra dapat membiaskan cahaya yang masuk dari sudut pandang yang berbeda.

Sebab itulah baju ini dapat sedikit berkilau saat terkena cahaya. Sehingga memberikan kesan yang elegan dan mewah. Namun, Anda harus bersedia membayar lebih banyak untuk mendapatkan baju muslim berbahan sutra ini.

6. Brokat

Kain brokat identik dengan ornamennya yang beragam. Memberikan kesan yang feminin, anggun, dan elegan.  Sehingga bahan ini cocok untuk baju formal.

Brokat cenderung memiliki banyak pilihan warna dengan harga yang murah. Namun kain brokat sedikit bertekstur keras dan bisa menyebabkan gatal. Oleh sebab itu, banyak wanita yang menganggap bahan brokat kurang nyaman dipakai.

7. Supernova

Ada juga bahan Supernova yang hampir mirip dengan kain katun. Bahan tersebut terbuat dari kombinasi kain katun dan polyester. Bahan ini mudah diatur dan dibentuk.

Selain itu juga nyaman dipakai, sebab dapat menimbulkan efek dingin. Berkesan flowy dan elegan. Cocok untuk dijadikan gamis, kaos, rok, kemeja, dan lainnya.

Dari semua jenis kain tersebut, mana yang paling Anda sukai untuk bahan baju muslim wanita? Intinya, apapun jenis kain yang dipilih pastikan nyaman saat dipakai beraktivitas ya. (*)

Pos terkait