Bupati Inhil HM Wardan Buka Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Desa Bekawan

Tembilahan | TopSumbar – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM. Wardan membuka secara resmi Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting, bertempat di GOR Desa Bekawan, Kecamatan Mandah, Jum’at (23/09/2022).

Turut hadir dalam kesempatan ini, Anggota DPRD Provinsi Riau, Unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, beberapa kepala OPD, Camat dan Unsur Forkopimcam Kecamatan Mandah, serta para peserta pelatihan.

Pelatihan yang di taja oleh Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) kecamatan Mandah ini diikuti sebanyak 68 orang, yang terdiri dari Ketua TP-PKK Desa, kader Posyandu dan KPM stunting di tiap Desa, serta para Siswi SMA.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Bupati HM. Wardan menyampaikan, Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak Balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan, yang disebabkan oleh buruknya asupan gizi anak dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Untuk itu pelatihan pencegahan dan penanggulangan stunting ini sangat penting, pencegahan dan penanggulangan stunting ini juga merupakan program Nasional yang sudah diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo” jelas Bupati.

Ditambahkan Bupati, Pemda Inhil telah melakukan penjabaran kegiatan berupa “Gerakan Satu Hati” yang di dukung oleh berbagai pihak, dimana kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam menggebrak desa dan kelurahan supaya sadar dan peduli tehadap persoalan stunting.

“Kepada para peserta saya berpesan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga ilmu yang didapat nanti bermanfaat dan dapat di terapkan sebagaimana mestinya”, pungkas Bupati.

Sementara itu Ketua TP PKK sekaligus ketua Gerakan Satu Hati (GSH) Inhil Hj. Zulaikhah mengajak masyarakat bersama – sama untuk menurunkan angka stunting.

“Peran para ibu dan kaum perempuan sangat besar, baik dalam mengedukasi maupun terus mensosialisasikannya”, kata Hj. Zulaikhah Wardan saat memberikan materi kepada para peserta kegiatan pelatihan pencegahan dan penanggulangan stunting”

Pos terkait