Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Pasaman Barat · 28 Sep 2022 11:53 WIB ·

Breaking News: Gempa Berkekuatan 4,5 Sr dan Cuaca Buruk Landa Pasbar


 Breaking News: Gempa Berkekuatan 4,5 Sr dan Cuaca Buruk Landa Pasbar Perbesar

Simpang Ampek | TopSumbar – Gempa berkekuatan 4,5 SR kembali dirasakan di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, pada Kamis sekitar pukul 10.46 WIB.

Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episentrum gempa berada pada koordinat 0.17 LU, 99.92 BT (12 km TimurLaut PasamanBarat-Sumbar) dengan kedalaman 10 Kilometer dari permukaan tanah.

Gempa dilaporkan cukup kuat dirasakan di wilayah Kecamatan Talamau hingga kawasan Simpang Empat Kecamatan Pasaman.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui dampak yang ditimbulkan dan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) akan kembali memperbaharui informasi jika ada situasi atau perkembangan lebih lanjut.

Sementara itu, pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga kewaspadaan seiring masih berlangsungnya cuaca buruk yang melanda daerah itu.

Kepala Markas PMI setempat, Rida Warsa SSTP, di Simpang Ampek, Rabu(28/08), menginformasikan hingga saat ini sudah dilaporkan adanya kawasan permukiman yang terendam banjir akibat luapan sungai.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, permukiman yang terendam banjir berada di Jorong Silawai Timur Kecamatan Ranah Batahan yang mengakibatkan terganggunya akses jalan jalan menuju Air Bangis, ” sebutnya.

Ia mengatakan, saat ini seluruh relawan PMI sudah bersiaga di wilayah kecamatan masing-masing untuk sewaktu-waktu dapat diterjunkan jika terjadi situasi bencana yang membutuhkan pertolongan dan informasi lanjutan terkait dampak yang ditimbulkan.

Selain itu, lanjutnya, pada pagi ini juga sudah terjadi gempa berkekuatan 4,5 SR di wilayah Kecamatan Talamau yang juga membutuhkan kewaspadaan karena di kawasan yang sama juga sedang dilanda cuaca buruk.

“Tetap waspada dan lakukan langkah-langkah keselamatan dalam keadaan darurat, semoga kita semua tetap selalu dalam lindungan Allah SWT dan apa yang kita khawatirkan tidak terjadi, ” tutupnya. ***Rully Firmansyah

Hits: 11

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bermodal Politisi Senior dan Milenial, PPP Pasbar Bersiap Gebrak Pemilu Serentak 2024

12 November 2022 - 14:19 WIB

Kejari Pasbar Terima Pengembalian Uang Diduga Hasil Korupsi Pembangunan RSUD

21 Oktober 2022 - 13:35 WIB

Perdana di Sumbar, Kejari Pasbar Tuntaskan Kasus Narkoba Melalui Restorative Justice

20 Oktober 2022 - 20:20 WIB

Akan Didatangi Presiden, Kepala BNPB Minta Pemkab Pasaman Segera Serahkan Dokumen R3P

16 Oktober 2022 - 16:35 WIB

Menolak Bebaskan Anggota Ormas SPI, Lapas III Talu Bantah Langgar Prosedur

8 Oktober 2022 - 10:37 WIB

Kunjungi Pasaman, Wagub Audy Tinjau Perbaikan Jalan hingga Sosialisasikan Bantuan Benih Jagung

3 Oktober 2022 - 11:13 WIB

Trending di Pasaman Barat