Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 12 Agu 2022 17:23 WIB ·

Wirid Mingguan Diskominfotik Sumbar, Benni Warlis Ajak ASN Maknai Kemerdekaan


 Wirid Mingguan Diskominfotik Sumbar, Benni Warlis Ajak ASN Maknai Kemerdekaan Perbesar

Sumatera Barat | Topsumbar – Kemerdekaan suatu bangsa dari belenggu penjajahan merupakan suatu hal yang wajib disyukuri. Namun ada belenggu lain yang juga harus diwaspadai setiap insan dalam kehidupan di dunia agar tidak terlepas dari fitrah selaku hamba Allah SWT, yaitu belenggu jiwa.

Demikian pesan tausiah disampaikan Staf Ahli Gubernur Provinsi Sumatera Barat Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM, Buya Benni Warlis, selaku penceramah pada Wirid Mingguan Dinas Kominfotik Sumbar, di Mushala Al Ikhwan, Jl. Pramuka, Padang, Jumat (12/8/2022).

“Makna kemerdekaan adalah bebas dari belenggu. Jika kemerdekaan bangsa, berarti bebas dari belenggu penjajah, maka kemerdekaan jiwa berarti bebas dari belenggu yang mengekang kebebasan jiwa sebagai fitrah manusia,” ujar Benni Warlis.

Menurut Buya Benni, terdapat 7 sikap yang bisa menjadi belenggu jiwa manusia, yakni prasangka buruk, prinsip hidup (yang salah), pengalaman (yang membuat seseorang merasa lebih baik), dan adanya kepentingan.

Sikap selanjutnya ialah perspektif atau sudut pandang yang salah, sifat kurang bersyukur (suka membanding-bandingkan) dan terakhir, sifat taqlid (fanatisme buta).

Solusinya lanjut Buya Benni, ialah berupaya semaksimal mungkin menjauhi sifat-sifat negatif tersebut melalui istighfar, shalat, puasa, zakat, dan tadabbur Al-Quran.Termasuk program wirid bulanan atau mingguan ASN seperti yang digelar oleh Diskominfotik.

Dalam kesempatan yang sama, Buya Benni juga memberikan hadiah berupa Quran per juz kepada peserta wirid yang mampu menjawab pertanyaan terkait materi tausiyah dengan baik dan benar. Selain itu, hadiah yang sama.juga diberikan mantan Plt. Sekdaprov Sumbar tersebut kepada Kadis Kominfotik Jasman Rizal.

Kegiatan wirid Dinas Kominfotik yang diadakan setiap jumat pagi itu menurut Kadis Jasman Rizal, diwajibkan untuk diikuti oleh setiap ASN dan karyawan. Bahkan, anggota dharma wanita Dinas Kominfotik juga ikut serta meramaikan kegiatan positif ini, sekaligus menjadikan momen wirid sebagai ajang pertemuan rutin dharma wanita. (HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 10

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Gubernur Mahyeldi Sampaikan Amanah Menhub Soal Keselamatan Transportasi

19 September 2022 - 10:57 WIB

Gubernur Sumbar Jalan Kaki Tembus Hutan Sepanjang 11 KM, Tinjau Jalan Alternatif Malalak – Maninjau

18 September 2022 - 19:32 WIB

Trending di Sumatera Barat