Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 19 Agu 2022 16:22 WIB ·

Wagub Audy Joinaldy Dukung Inovasi Pelestarian Budaya


 Wagub Audy Joinaldy Dukung Inovasi Pelestarian Budaya Perbesar

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy memperoleh medali penghargaan kebiasaan didalam Festival Adat dan Budaya Nusantara yang diadakan di Kab. Klungkung, Bali, Jumat (19/8/22).

Festival Adat dan Budaya Nusantara yang pertama kali diadakan ini digagas oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra) sebagai upaya memperkuat silaturahmi kerajaan dan instansi adat, menggali potensi ekonomi, dan juga memperlihatkan kepedulian terhadap ketahanan kebiasaan dan budaya nusantara.

Ratusan raja-raja se-nusantara, dari 211 kerajaan di wilayah Indonesia dan 30 kerajaan di dunia seperti Filipina, Bhutan, Malaysia, Brunei, Nepal, Uganda, Ghana, Jepang, dan juga duta kerajaan Eropa, ada di terhadap festival tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno didalam pernyataannya menjelaskan, lewat pariwisata, budaya bisa dilestarikan dan diapresiasi. Di segi lain, budaya bisa menjadi ciri destinasi dan atraksi wisata yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian lokal.

“Atraksi budaya bisa sebagai daya tarik wisatawan, sehingga beragam potensinya bisa menjalankan ekonomi masyarakat dan mengakses peluang kerja,” ujarnya.

Wakil Gubernur Audy Joinaldy juga turut mengapresiasi penyelenggaraan event tersebut. Menurutnya, tak sekedar sebagai upaya mempererat silaturahmi antara kerajaan dan instansi adat, festival ini juga bisa menggali potensi ekonomi, dan juga menunjukan kepedulian terhadap pelestarian budaya di nusantara.

“Kami mengapresiasi DPP MATRA yang telah menyelenggarakan Festival Adat dan Budaya Nusantara sebagai bentuk inovasi dan kolaborasi untuk terus melestarikan kebudayaan,” ungkap Wagub.

Disamping itu, nilai keunikan yang terdapat terhadap event ini, juga bisa menjadi atraksi untuk mempromosikan pariwisata Indonesia secara nasional maupun internasional.

Festival Adat dan Budaya Nusantara I digelar terhadap 16 hingga 19 Agustus 2022. Selain untuk menampilkan festival kebiasaan dan budaya, terhadap perhelatan ini juga dilantik Andi Bau Malik Baramamase Tatukajanangan dari Kerajaan Gowa yang menukar Mangku Alam II menjadi Ketua DPP Matra. (HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 6

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Gubernur Mahyeldi Sampaikan Amanah Menhub Soal Keselamatan Transportasi

19 September 2022 - 10:57 WIB

Gubernur Sumbar Jalan Kaki Tembus Hutan Sepanjang 11 KM, Tinjau Jalan Alternatif Malalak – Maninjau

18 September 2022 - 19:32 WIB

Trending di Sumatera Barat