TPID Laksanakan Evaluasi Pemantauan Harga Pangan

Padang Panjang | Topsumbar – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang Panjang laksanakan Rapat Teknis di Ruang VIP Balai Kota, Rabu (10/8).

Melansir laman Kominfo Padang Panjang, disebutkan rapat teknis itu digelar guna mengevaluasi pelaksanaan pemantauan harga pangan strategis di Kota Padang Panjang,

Asisten Administrasi Umum, Martoni, S.Sos, M.Si yang memimpin rapat menjelaskan pemantauan harga pangan strategis penting dilaksanakan tiap-tiap hari untuk mengerti perkembangan ketersediaan pasokan pangan dan dayabeli penduduk yang berujung pada perhitungan inflasi daerah.

Bacaan Lainnya

Dari hasil evaluasi yang dilaksanakan di dalam rapat tersebut, diperoleh Info bahwa pemantauan harga pangan strategis yang secara teknis dilaksanakan petugas Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM) di lapangan telah berlangsung lancar tiap-tiap hari kerja tanpa halangan yang lumayan berarti.

Pemantauan dilaksanakan bersama metode yang teruji sesuai ketentuan di Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan. Dengan demikianlah maka knowledge yang dihasilkan juga merupakan knowledge yang lumayan reliable (dapat diandalkan).

Sesuai bersama program kerja TPID Kota Padang Panjang, maka knowledge berasal dari kedua OPD tersebut dikirim secara real time oleh petugas lapangan bersama manfaatkan aplikasi Udajang dan info-pangan Padang Panjang untuk diverifikasi Tim Verifikator berasal dari Sekretariat TPID Kota Padang Panjang.

“Data yang telah diverifikasi otomatis tampil sebagai info pangan. Masyarakat yang inginkan mengerti harga 45 komoditi pangan hari itu, sanggup mengaksesnya lewat aplikasi Udajang menjadi pukul 14.00 WIB. Aplikasi Udajang adalah aplikasi yang mengelola Info resmi Pemerintah Kota Padang Panjang yang sanggup didownload di Play Store,” jelasnya.

Selain itu, rapat juga membicarakan penguatan publikasi Info harga lewat tempat situs kota, videotron dan aksesibilitas harian kepada pimpinan tempat lewat Command Center Kota Padang Panjang.

Rapat diikuti Kepala Bagian Perekonomian dan SDA, Putra Dewangga, S.S., M.Si. selaku Ketua Tim Teknis TPID Kota Padang Panjang dan dihadiri anggota TPID di antaranya Kabid Perdagangan dan Industri Disperdakop UKM, Kabid Ekonomi SDA dan Infrastruktur Bappeda, Statistisi Ahli Muda Dinas Kominfo, Perencana Ahli Muda Bappeda, Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Dispangtan, Pengawas Perdagangan Ahli Muda Disperdakop UKM dan Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang yang diwakili Rindy Primadini.

Pos terkait