Sambut HUT ke-77 RI, Pemko Padang Panjang Gelar Rapat

Padang Panjang | Topsumbar – Menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT Ke-77 RI), Pemerintah Kota Padang Panjang gelar rapat persiapan di Hall Lantai III Balai Kota, Kamis (4/8).

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, tersebut, turut dihadiri Asisten I, Syahdanur, Forkopimda dan kepala OPD se-Kota Padang Panjang.

Dalam arahannya, Sekdako Sonny menjelaskan rapat persiapan ini mempunyai tujuan menyiapkan semua sistem rencana jadi berasal dari pembentukan panitia, kronologis kegiatan, serta hal-hal yang dirasa perlu.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah rapat awal yang kami lakukan, kegunaan menegaskan persiapan menyongsong peringatan HUT RI, jadi berasal dari aktivitas upacara 17 Agustus hingga ke persiapan pengamanannya,” ujarnya

Sonny menyebutkan, kronologis HUT RI dapat di mulai terhadap Senin (15/8) bersama Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pukul 16.00 WIB.

Untuk upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dapat dilaksanakan terhadap Selasa (16/8) menjelang pukul 24.00 WIB Rabu (17/8) dinihari, yang dapat digelar di Taman Makam Pahlawan Kusuma Sakti di Kebun Sikolos.

Kemudian terhadap acara puncak peringatan upacara HUT RI, lanjut Sonny, upacara dapat dilaksanakan di halaman Balai Kota. Setelah itu dilanjutkan bersama upacara virtual bersama Pemerintah Pusat.

“Kita jadi upacara terhadap pukul 07.30 WIB. Setelah selesai nanti terhadap pukul 10.00 WIB langsung ikuti secara virtual Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka,” katanya.

Sedangkan untuk Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dapat dilaksanakan secara langsung dan virtual secara sejalan pukul 16.30 WIB.

“Upacara dapat kami melaksanakan di Halaman Balai Kota, dan upacara secara virtual dapat dilaksanakan di Hall Lantai III Balai Kota terhadap jam yang sama. Insyaa Allah th. ini perayaan HUT RI dapat dimeriahkan bersama resepsi terhadap 17 Agustus malam dan pawai terhadap 18 Agustus,” katanya.

Sonny mengimbau kepada penduduk untuk menghentikan aktivitasnya sejenak dan berdiri tegak pas pengumandangan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

“Tepat pukul 10.17 hingga 10.20 WIB sepanjang tiga menit segenap penduduk diimbau untuk menghentikan aktivitasnya dan berdiri tegak hingga lagu Indonesia Raya selesai dinyanyikan. Begitu juga bersama sorenya,” imbaunya.

Di samping itu, Sonny juga mengimbau kepada penduduk untuk turut serta berpartisipasi menyemarakkan peringatan HUT RI bersama meningkatkan bendera Merah Putih sepanjang bulan Agustus ataupun juga sanggup menggelar aktivitas kegiatan-kegiatan lain yang sanggup memeriahkan perayaan HUT RI.

“Peringatan HUT RI adalah aktivitas teratur yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kendati demikianlah hendaknya setiap peringatan itu senantiasa ada peningkatan, baik kuantitas maupun mutu kegiatan,” harapnya.

Pos terkait