Renovasi Pasar Tradisional Maninjau Dimulai, Pemkab Agam Alokasikan Rp1.1M

Agam | Topsumbar – Renovasi pasar tradisional Inpres Padang Baru Lubuk Basung, pasar Maninjau dimulai.

Melansir siaran pers Diskominfo Agam, disebutkan peletakkan batu pertama pembangunan Pasar Maninjau, di Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya itu dilakukan Bupati Agam, Andri Warman didampingi Kepala Dinas KoperindagUKM, Kepala Dinas Kominfo, Camat Tanjung Raya serta Wali Nagari Maninjau, Selasa (30/8).

“Pemkab Agam melalui Dinas Perindagkopukm mengalokasikan anggaran sebesar Rp1.165.000.000,- yang bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2022,” bunyi siaran pers Diskominfo Agam.

Bacaan Lainnya

Lanjut diterangkan, pelaksanaan pekerjaan pembangunan telah dilaksanakan dimulai dari tanggal 5 Agustus sesuai dengan surat perintah mulai kerja (SPMK) nomor 10/MNJ/Perindagkopukm/P.2/VIII/2022 dan surat perjanjian kerja nomor 06/MNJ/PerindagkopUKM/P.2/VIII/2022.

“Pekerjaan pembangunan ini dilakukan oleh CV Khalaf Abadi dengan nilai kontrak sebesar Rp966.411.000 dan direncanakan selesai pada 2 Desember mendatang,” terang siaran pers.

Sementara itu, Bupati Agam dalam kesempatan tersebut mengatakan salah satu visi misi Bupati adalah mensejahterakan rakyat dengan cara meningkatkan ekonomi.

“Kalau ekonomi berputar masyarakat senang, tempat berputarnya ekonomi adalah dipasar. Jadi masyarakat baik pedagang atau pembeli dapat melakukan kegiatan disini, ” ucap Bupati.

Selanjutnya Bupati menargetkan dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Agam, Maninjau akan dijadikan daerah tujuan wisata utama.

“Dengan alam yang indah di Danau Maninjau ditambah dengan museum Buya Hamka, kalau daerah sudah ramai pengunjung maka ekonomi akan meningkat serta fungsi pasar akan meningkat” ucap Bupati.

Kepala Dinas PerindagkopUKM, Dedi Asmar menyebutkan renovasi pasar Maninjau dilakukan karena kondisi pasar sudah tua dan dihantam bencana angin puting beliung pada awal 2020 lalu.

Dedi berharap dengan adanya pembangunan pasar ini merupakan pertemuan UMKM dari beberapa nagari di salingka danau untuk menjual kebutuhan pokok.

“Pasar ini dibangun bertingkat dimana lantai dasar dapat menampung sebanyak 200 pedagang, yang diatasnya bisa dipakai serbaguna untuk promosi wisata maninjau” ujar Dedi.

Wali Nagari Maninjau Alfiandi menuturkan kondisi Pasar Maninjau sudah sangat tua sehingga kita berharap kepada Pemkab Agam untuk membangun ulang pasar

“Alhamdulillah pada tahun ini kita dapat melaksanakan pembangunan pasar dengan dana APBD daerah” kata Alfiandi

Zulfikri salah seorang pedagang di Pasar Maninjau mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Agam yang telah merenovasi Pasar Maninjau

“Terimakasih kepada Bupati Agam atas renovasi Pasar Maninjau, semoga pasar bisa ramai kembali dan meningkatkan pendapatan pedagang” ujarnya.

(AL)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait