Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 15 Agu 2022 16:50 WIB ·

Puskesmas Busur Kampanyekan Germas di Pasar Usang


 Puskesmas Busur Kampanyekan Germas di Pasar Usang Perbesar

Padang Panjang | Topsumbar – Puskesmas Bukit Surungan (Busur) menggelar aktivitas kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin (15/8) di Jembatan Besi RT 7 dan RT 8, Kelurahan Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr. Faizah menyampaikan, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dijalankan secara bersama-sama bersama kesadaran, keinginan dan kapabilitas berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas diri.

“Kegiatan kami hari ini dipusatkan di Pasar Usang memiliki tujuan untuk mengingatkan sehingga masyarakat menjalankan gerakan tersebut,” ucapnya.

Dijelaskannya, tersedia tiga indikator yang harus dijalankan di dalam Germas setiap hari. Yaitu beraktivitas fisik, makan buah dan sayur, serta cek kesehatan secara rutin.

“Untuk cek kesehatan ini, kami di Padang Panjang telah menyediakan sebagian pelayanan. Di antaranya sekali sebulan kami adakan posyandu lansia serta kontrol penyakit tidak menular (PTM),” terangnya.

Selain itu, jelasnya lagi, untuk menghindar stunting, pihaknya mengimbau sehingga masyarakat perhatikan kecukupan gizi bagi calon ibu, ibu hamil dan balita yang tersedia di rumah.

“Sebanyak 20 prosen angka stunting, kami akan turunkan menjadi 14 prosen hingga th. 2024. Kita butuh dukungan seluruh pihak untuk menyukseskan program ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Busur, Yusri yanti, S.Tr.Keb menyebutkan, acara kampanye ini diisi bersama aktivitas senam bersama dan cek kesehatan gratis serta terapi totok rokok.

“Kegiatan ini diikuti kader PKK, Posyandu, PTM dan masyarakat Pasar Usang,” tuturnya.

Pihaknya berharap, lewat aktivitas ini membiasakan masyarakat untuk hidup sehat. “Kami inginkan masyarakat yang datang ke Puskesmas tidak untuk berobat lagi, namun untuk cek kesehatanya,” kata Yanti.

Ditambahkannya, selagi ini Pukesmas Busur telah ditambah Labor Peduli kesehatan. “Jadi papa ibu silahkan datang untuk cek kesehatan lengkap ataupun konsultasi kesehatan. Kita mampu layani lima hingga enam orang setiap harinya,” imbuhnya. (AL)

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Penanganan Pasar Koto Baru, Kapolres Padang Panjang Harapkan Keterlibatan Seluruh Pihak Sesuai Tupoksi

5 Oktober 2022 - 15:44 WIB

SMP Hikmah Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dihadiri Walikota dan Penceramah Dari Universitas Al-Azhar Mesir

4 Oktober 2022 - 15:18 WIB

Jelang Operasi Zebra Singgalang 2022, Ini Himbauan Kasatlantas Polres Padang Panjang

2 Oktober 2022 - 21:19 WIB

Perkumpulan Makrame Kreatif Mandiri Kota Padang Panjang Pamerkan Karya Worshop

1 Oktober 2022 - 22:47 WIB

Pagi Tadi Gempa bumi Dirasakan di Padang Panjang, Ini Analisa BMKG

30 September 2022 - 12:08 WIB

RT 13 Silaing Bawah Dikunjungi Tim Penilai Kampung Pancasila Dari Kodim 0307/Tanah Datar

29 September 2022 - 21:54 WIB

Trending di Padang Panjang