Puskesmas Busur Kampanyekan Germas di Pasar Usang

Padang Panjang | Topsumbar – Puskesmas Bukit Surungan (Busur) menggelar aktivitas kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin (15/8) di Jembatan Besi RT 7 dan RT 8, Kelurahan Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr. Faizah menyampaikan, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dijalankan secara bersama-sama bersama kesadaran, keinginan dan kapabilitas berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas diri.

“Kegiatan kami hari ini dipusatkan di Pasar Usang memiliki tujuan untuk mengingatkan sehingga masyarakat menjalankan gerakan tersebut,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, tersedia tiga indikator yang harus dijalankan di dalam Germas setiap hari. Yaitu beraktivitas fisik, makan buah dan sayur, serta cek kesehatan secara rutin.

“Untuk cek kesehatan ini, kami di Padang Panjang telah menyediakan sebagian pelayanan. Di antaranya sekali sebulan kami adakan posyandu lansia serta kontrol penyakit tidak menular (PTM),” terangnya.

Selain itu, jelasnya lagi, untuk menghindar stunting, pihaknya mengimbau sehingga masyarakat perhatikan kecukupan gizi bagi calon ibu, ibu hamil dan balita yang tersedia di rumah.

“Sebanyak 20 prosen angka stunting, kami akan turunkan menjadi 14 prosen hingga th. 2024. Kita butuh dukungan seluruh pihak untuk menyukseskan program ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Busur, Yusri yanti, S.Tr.Keb menyebutkan, acara kampanye ini diisi bersama aktivitas senam bersama dan cek kesehatan gratis serta terapi totok rokok.

“Kegiatan ini diikuti kader PKK, Posyandu, PTM dan masyarakat Pasar Usang,” tuturnya.

Pihaknya berharap, lewat aktivitas ini membiasakan masyarakat untuk hidup sehat. “Kami inginkan masyarakat yang datang ke Puskesmas tidak untuk berobat lagi, namun untuk cek kesehatanya,” kata Yanti.

Ditambahkannya, selagi ini Pukesmas Busur telah ditambah Labor Peduli kesehatan. “Jadi papa ibu silahkan datang untuk cek kesehatan lengkap ataupun konsultasi kesehatan. Kita mampu layani lima hingga enam orang setiap harinya,” imbuhnya. (AL)

Pos terkait