Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Payakumbuh · 4 Agu 2022 17:47 WIB ·

Pemko Payakumbuh Dan Kemensos RI Salurkan Bantuan Bagi Warga Disabilitas Terlantar


 Pemko Payakumbuh Dan Kemensos RI Salurkan Bantuan Bagi Warga Disabilitas Terlantar Perbesar

Payakumbuh| Top Sumbar – Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyalurkan 50 paket bantuan sosial kepada lansia terlantar, anak terlantar, dan disabilitas terlantar di Kantor Dinas Sosial, Kamis (4/8).

Disebut terlantar, sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) di dinas sosial, disabiitas yang dibantu adalah dari keluarga tidak mampu melalui Program Atensi Sentra Abiseka Pekanbaru (dulunya salahsatu Balai di Kementerian Sosial).

Plt. Kepala Dinas Sosial B. Nasution didampingi Kabid PRJS Kurniawan Syah Putra menyampaikan bersyukur dengan telah disalurkannya bantuan bagi masyarakat Payakumbuh yang menyandang disabilitas. Kepedulian Pemerintah Kota Peyakumbuh melalui Dinas Sosial dengan masalah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) adalah dengan terus getol berupaya menjangkau dan menjuluk program-program bantuan, baik dari pemerintah pusat maupun swasta.

“Alhamdulillah kita mengusulkan penerima bantuan yang telah didata dari setiap kecamatan di Kota Payakumbuh. Proses pengusulan, asesmen, dan penyaluran bantuan telah dilalui dengan baik. Kita juga memiliki jaringan yang bagus dengan kementerian,” kata B. Nasution.

B. Nasution menambahkan bantuan ini adalah:

Tongkat kaki 3 sebanyak 1unit
Tongkat kaki 4 sebanyak 1 unit
Tongkat kaki 1 sebanyak 3 unit
Tongkat adaptif sebanyak 1 unit
Nutrisi Lansia 27 paket
Nutrisi Disabilitas 8 paket
Nutrisi Anak 5 paket
Familiy Kit (Kasur, Sprei, Selimut, bantal) 27 Paket
Kursi Roda Cerebral Palsy 1 unit
Alat bantu dengar 2 unit
Kaki palsu 4 buah
Kursi roda 3 in one 2 unit
Kursi roda standar 1 unit
Stroller anak 2 unit
Walker 1 unit
Wirausaha Ternak Ayam Kampung 3 paket
Wirausaha Warungan 1 paket

“Ada yang diantarkan ke rumah penerima, karena tidak bisa hadir langsung ke kantor dinas sosial. Untuk penerima bantuan kaki palsu, mereka dibawa untuk ukur kaki langsung ke Pekanbaru,” kata B. Nasution.

B. Nasution juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Sentra Abiseka Pekanbaru yang telah membantu pemerintah Kota Payakumbuh untuk memenuhi kebutuhan masyarakat disabilitas.

“Tahun lalu kami juga dibantu sembako dan bantuan lainnya oleh Balai Abiseka Pekanbaru sebelum lembaga kementerian sosial ini berubah nama,” ungkapnya.

Sementara itu, Pekerja Sosial Sentra Abiseka Pekanbaru Yustisia Dwi Putra menyampaikan program ini berada di bawah Direktorat Rehabilitasi Sosial melalui program di lembaga Sentra Abiseka Pekanbaru. Mereka menerima data yang diusulkan oleh pemerintah daerah, kemudian diasesmen ke lapangan untuk memastikan kelayakan calon penerima.

“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat. Kami juga mengapresiasi Dinas Sosial Kota Payakumbuh sejak hari kemarin kami diantar langsung ke rumah calon penerima bantuan dan dilayani dengan baik. Sinergi seperti ini yang diharapkan agar terjalin lagi kerja sama yang lebih baik kedepannya, masih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, semoga kita bisa membantu yang belum meraihnya,” ujarnya.

Salah satu disabilitas, Anggara Surya Dinata warga Subarang Batuang, penerima bantuan kaki palsu menyampaikan pada bulan April 2022 Dia ditemui oleh pendamping dan petugas pendata dari dinas, disampaikan saat itu dirinya diusulkan untuk mendapatkan bantuan kaki palsu. Anggara bercerita, dirinya kehilangan kaku sejak 2008 akibat kecelakaan bermotor di umur 16 tahun. Sejak saat itu dirinya memakai penyangga berjalan, kemudian pada tahun 2015 baru bisa memakai kaki palsu.

Bahkan, 5 tahun lalu, Anggara pernah ikut seleksi body contest di Kota Padang. Semangat untuk terus menjalani hari-harinya terus ada di dalam diri Anggara, meski ada kekurangan fisik.

“Alhamdulillah hari ini saya dapat bantuan kaki palsu baru. Nanti saya akan pergi ke Pekanbaru bersama orang kementerian untuk pencocokan. Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kementerian Sosial RI atas bantuannya,” kata pria yang saat ini kesehariannya bekerja di pabrik batako itu. (Ton)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 39

Artikel ini telah dibaca 78 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gubernur Lantik Rida Ananda Sebagai Pj. Walikota Payakumbuh

23 September 2022 - 19:18 WIB

Ini Pesan Riza Falepi Pada ASN Saat Apel Terakhir Di Kantor Wali Kota

21 September 2022 - 11:26 WIB

Antisipasi Kesalahan dalam Pengadaan Barang dan Jasa, Pemko Payakumbuh Adakan Pelatihan Kepada ASN

21 September 2022 - 10:24 WIB

Diakhir Masa Jabatan, Henny Riza Falepi Ucapkan Terimakasih Kepada Seluruh Pengurus TP-PKK Kota Payakumbuh

20 September 2022 - 10:59 WIB

Riza Falepi Telah Renovasi 4000 Rumah Tak Layak Huni di Kota Payakumbuh

19 September 2022 - 21:52 WIB

Kado Terakhir Riza Falepi di Akhir Masa Jabatan, Pacuan Kuda Berlangsung Meriah

18 September 2022 - 19:43 WIB

Trending di Payakumbuh