Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Nasional · 18 Agu 2022 16:27 WIB ·

MPD Notaris Kabupaten Sukabumi Gelar Upacara HUT Ke-77 RI Bersama Notaris dan Purnawirawan


 MPD Notaris Kabupaten Sukabumi Gelar Upacara HUT Ke-77 RI Bersama Notaris dan Purnawirawan Perbesar

Sukabumi | Topsumbar – Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Kabupaten Sukabumi menggelar upacara peringatan HUT kemerdekaan ke -77 RI, Rabu (17/8).

Upacara tersebut digelar secara sederhana dilapangan kantor sekretariat MPDN jalan raya Karang Tengah nomor 69 Cibadak, Sukabumi dengan dihadiri pejabat Notaris dan para purnawirawan beserta masyarakat sekitar.

Ditandai dengan bunyi sirine detik-detik proklamasi dan pembacaan teks proklamasi oleh Hery Sarmanto, SH, S.pN.

Tampil sebagai Pelaksana upacara adalah para notaris, yaitu pembaca teks Pancasila oleh Bily Patria Permana, SH, M.Kn, pembaca teks UUD 1945 oleh Raymon Histori, SH, M.Kn, pembaca doa oleh Amrizakar, SH, M.Kn dan MC oleh Verawati,SH, M.Kn.

Sedangkan pengibar bendera merah putih adalah Yogi Febriansyah, SH, M.Kn, Kurnia Mahendra, SH, M.Kn dan Daryati, SH. MM. M.Kn.

Sementara itu, dari Purnawirawan TNI ikut berpartisipasi sebagai komandan upacara adalah Bapak Bram ex Yonif 310. Komandan regu adalah Asep Suwandi Ex Batalyon Polisi Militer Resimen Bantuan Tempur Marinir TNI-AL dan bapak Yayan ex Yonif 301 serta Abah jawara Yon Armed.

Adapun Hery Sarmanto, SH, SpN dalam amanatnya menyampaikan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan para notaris berhak melaksanakan upacara peringatan HUT RI sebagai bagian dari bela bangsa dan bela masyarakat. Karena jika pada zaman dahulu jika payung pertama adalah gubernur jendral maka payung kedua adalah pejabat negara termasuk notaris.

“Sebagai notaris sudah semestinya ambil bagian dan berkiprah dalam perjuangan mengisi kemerdekaan dengan cara menjalankan jabatan sesuai undang undang,” ucap Hery Sarmanto yang juga sebagai ketua MPDN kabupaten Sukabumi.

Kehadiran bapak- bapak purnawirawan ditengah upacara HUT kemerdekaan menjadikan upacara lebih khidmat dan bersahaja serta
memberikan warna tersendiri.

Hal tersebut diutarakan sekretaris internal MPDN Kabupaten Sukabumi, Amrizakar, SH. M. Kn melalui keterangan tertulis diterima Topsumbar.co.id, Kamis (18/8).

Selanjutnya, diterangkan Amrizakar, SH, M.Kn bahwa pada peringatan HUT kemerdekaan ke- 77 RI tersebut juga diselenggarakan kegiatan pembinaan notaris berkaitan dengan tatacara pengisian buku protokol yang disimpan notaris. Pembuatan bundel minuta beserta dokumen pendukung akta dan penyusunan laporan bulanan notaris.

“Acara tersebut dihadiri oleh 30 notaris. Pentingnya kebenaran dalam membuat minuta dan menyimpan minuta akta Notaris adalah sebagai perisai/ tameng atau pelindung bagi notaris ketika ada masalah atas akta notaris, karena perbuatan hukum dihadapan notaris adalah perbuatan formil yang produk akhirnya adalah legalitas dokumen autentik,” terangnya.

(AL)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 107

Artikel ini telah dibaca 492 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Persiapan Pengamanan G20 di Bali, Kakorlantas Imbau Hal Ini ke Masyarakat

27 September 2022 - 14:09 WIB

Ke-68 di Indonesia, MenPANRB Resmikan Mal Pelayanan Publik Kota Sawahlunto

26 September 2022 - 14:27 WIB

106 Pemerintahan Nagari Baru Telah Resmi Hadir di Sumbar

26 September 2022 - 14:15 WIB

MenPan RB Abdullah Azwar Anas Puji Pemprov Sumbar Soal Penerapan SPBE

26 September 2022 - 14:10 WIB

HUT Lantas ke-67, Kapolri Resmikan Program Prioritas ETLE Nasional di 34 Polda

22 September 2022 - 17:47 WIB

Bupati Kuansing Suhardiman Terima langsung Penghargaan WTP dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani

22 September 2022 - 15:42 WIB

Trending di Nasional