Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 21 Agu 2022 18:38 WIB ·

Meriahnya Puncak Acara Exploring Mandeh: Road To Bulan Cinta Laut di Padang


 Meriahnya Puncak Acara Exploring Mandeh: Road To Bulan Cinta Laut di Padang Perbesar

https://kkp.go.id/artikel/43963-meriahnya-puncak-acara-exploring-mandeh-road-to-bulan-cinta-laut-di-padang

Padang | Topsumbar – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar puncak acara Exploring Mandeh: Road To Bulan Cinta Laut (BCL) di Pantai Purus, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (21/8/2022).

Ratusan orang tumpah ruah di lokasi acara lihat langsung kesibukan yang dihadiri
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Anggota DPD RI Emma Yohann, Walikota Padang, perwakilan Pemprov Sumbar dan Pemkab Pesisir Selatan, jajaran Eselon 1 KKP, dan lainnya.

Membuka acara, Menteri Trenggono resmikan Gapura Kampung Tematik Elo Pukek yang dilanjutkan bersama dengan menarik pukek bersama dengan para nelayan di Pantai Purus. Maelo pukek dinilai efisien sebagai beach cleaner lebih-lebih untuk sampah-sampah plastik yang berada di lokasi perairan pantai, tak hanya obyek utamanya menangkap ikan.

“Maelo pukek adalah kearifan lokal yang wajib kita jaga dan lestarikan karena ini budaya turun temurun. Bagaimana maelo pukek sanggup kembali layaknya era jayanya, karena kearifan lokal itu pertimbangkan keseimbangan alam juga. Saya udah minta jajaran di KKP menggerakan ini agar kearifan lokal sanggup dibantu agar berkembang bersama dengan baik. Ini tandanya kepedulian kita bahwa kebugaran laut terlampau penting,” ungkap Menteri Trenggono di lokasi.

Di lokasi serupa juga digelar aksi bersih-bersih sampah, melibatkan ratusan orang menjadi berasal dari anak-anak sampai orang dewasa. Para peserta berkunjung berasal dari lintas kalangan layaknya pelajar, perwakilan pemerintah daerah, TNI/Polri, pegiat lingkungan, sampai masyarakat nelayan. Kegiatan ini juga dimeriahkan bersama dengan penampilan spektakuler grup drumband Politeknik KP Pariaman.

Menteri Trenggono menambahkan, kesibukan bersih-bersih laut berasal dari sampah sebelumnya juga dilakukan di Perairan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, oleh peserta Turnamen Fotografi dan Videografi Bawah Air Exploring Mandeh Road To Bulan Cinta Laut, bersama dengan tim Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Saya mengapresiasi ide underwater Clean-up ini, dan saya perintahkan kepada jajaran agar yang udah dilakukan di Mandeh-Sumatera Barat ini jadi role style bagi tempat lain. Sehingga tidak cuma permukaan saja yang bersih berasal dari sampah, tetapi di dalam lautnya juga,” papar Menteri Trenggono.

Puncak acara Exploring Mandeh Road To Bulan Cinta Laut juga diisi Pameran BCL Corner yang menghadirkan potret usaha komprehensif yang dilakukan KKP, NGO maupun komunitas untuk menaikkan kebugaran laut.

Kemudian pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang turnamen Fotografi dan Videografi Bawah Air untuk tiga kategori yaitu Video Kreatif, Foto Makro, dan Wide Angle, dan juga Juara Umum. Pelaksanaan pengambilan gambar dilakukan terhadap 17 dan 18 Agustus 2022 di perairan Mandeh bersama dengan objek bangkai Kapal MV Boelongan Nederland yang tenggelam 100 tahun lalu, dan juga biota laut di sekitaran Pantai Cubadak.

Sementara itu, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto yang merupakan ketua panitia acara menambahkan, kronologis kesibukan Exploring Mandeh: Road To Bulan Cinta Laut sebagai anggota berasal dari countdown pelaksanaan Kick Off Bulan Cinta Laut di mana nantinya akan diresmikan secara nasional di dalam waktu dekat.

Acara ini juga untuk menolong mempromosikan potensi wisata bahari di Sumatera Barat untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pemilihan Sumatera Barat sebagai lokasi untuk Road To BCL tidak lepas berasal dari pertimbangan Ranah Minang sebagai tempat pesisir yang miliki banyak potensi kelautan dan perikanan. Belum lagi, KKP juga miliki sejumlah program mutlak di Sumbar, di antaranya kampung budidaya maupun kampung nelayan maju di Sumbar.

“Kegiatan ini tentu tidak sanggup berjalan sendiri tanpa dukungan, kerja serupa dan kolaborasi bersama dengan beraneka pihak terkait. Saya selaku Ketua Panitia memberikan rasa menerima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya semua pihak yang terlibat. Mudah-mudahan kesibukan ini mempunyai manfaat untuk kebugaran dan kesejahteraan masyarakat pesisir,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Program Bulan Cinta Laut (BCL) dirancang tertentu untuk mengentaskan kasus sampah plastik di laut.

Program BCL yang digagas Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono tak sekadar mengajak masyarakat bersihkan sampah di pantai, tetapi mendorong nelayan untuk mengambil sampah di laut dan hasilnya akan dikonversi cocok harga terendah ikan waktu itu.

Pelaksanaan BCL di semua Indonesia menyesuaikan kondisi cuaca di tiap-tiap daerah. Jadi, sepanjang 1 tahun ada 1 bulan yang dilakukan program BCL di tiap-tiap tempat sesuai kondisi cuaca atau musim menangkap ikan.

Berikut Para Pemenang Turnamen Fotografi dan Videografi Bawah Air

Kategori Video Kreatif:
Juara 3 : Ferry Kurniawan
Juara 2 : Abdul Latif
Juara 1 : Guntur

Kategori Makro Fotografi:
Juara 3 : Sumaryanto Bronto
Juara 2 : Yunita
Juara 1 : Hendra S

Kategori Wide Angle:
Juara 3 : Fadhlan Basiludin Rahmat
Juara 2 : Ade Nirwansyah
Juara 1 : Nelson Uada

Best of the best : Novrizal

BIRO HUMAS DAN KERJA SAMA LUAR NEGERI

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 14

Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kanwil Kemenkumham Sumbar Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Dialog RUU KUHP

28 September 2022 - 10:35 WIB

Semarakan Hari Jadi Sumatera Barat ke 77

27 September 2022 - 14:10 WIB

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Trending di Sumatera Barat