Kunjungi Pasbar, Aristo: Terus Gelorakan Misi Kemanusiaan di Tingkat Nagari

Simpang Ampek |Topsumbar – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Barat, H Aristo Munandar, menginstruksikan kepada segenap pengurus dan unsur relawan untuk senantiasa terus menggelorakan misi-misi kemanusiaan di tingkat Nagari sebagai ujung tombak kegiatan.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri rapat koordinasi bersama pengurus dan mitra kerja PMI di ruang auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat, Rabu (24/08).

“Masyarakat yang menjadi target misi kemanusiaan kita berada di wilayah kenagarian, untuk itu dibutuhkan kegigihan kita semua dalam memetakan situasi dan kondisi terkait kebutuhan dan upaya penanganan layanan yang disediakan oleh PMI, ” sebutnya.

Bacaan Lainnya

Ia mencontohkan, pasca terjadinya bencana gempa 6,2 SR yang telah memicu kerusakan di beberapa kawasan permukiman di daerah itu, tentu masih memerlukan penanganan terhadap dampak yang ditimbulkan.

Salah satunya, jelas Aristo, terkait misi yang dilakukan sejak mulai tanggap darurat hingga proses rehabilitasi dan rekonstruksi untuk membantu pihak pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengatasi segala persoalan yang terjadi.

“Pengaktifan semua unit layanan dan ketersediaan program penanganan yang mumpuni adalah kunci utama dalam membantu masyarakat di Nagari dan saya harap kita bisa menjadi yang pertama hadir dan pulang paling terakhir dalam setiap misi yang dilaksanakan, ” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Pasaman Barat, H Risnawanto SE, mengatakan sejauh ini pihaknya terus melakukan inovasi layanan dan bantuan guna meringankan beban masyarakat terdampak bencana.

“Salah satunya terkait program livelyhood atau keberlangsungan hidup berupa pemberian bantuan bibit ikan dan tanaman sayuran dengan memanfaatkan halaman rumah yang hasilnya bisa dikonsumsi sendiri atau dijual, ” ulasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, melalui program tersebut setidaknya dapat membantu memulihkan kembali semangat berusaha bagi masyarakat terdampak bencana dan secara perlahan bisa kembali bangkit dari keterpurukan pasca dilanda bencana gempa.

Selain itu, jelasnya, beberapa program layanan juga terus digelorakan tanpa kenal lelah demi memenuhi kewajiban sebagai organisasi kemanusiaan yang pelaksanaannya dimotori secara bersama oleh segenap pengurus dan relawan yang tersebar di seluruh kenagarian yang ada.

“Salah satunya adalah program kesiapsiagaan dan penanganan kebencanaan khususnya yang dipicu oleh situasi klimatologi dan beberapa potensi bencana lainnya di Kabupaten Pasaman Barat, ” tutupnya.

(Rully Firmansyah)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait