Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Agam · 6 Agu 2022 16:19 WIB ·

Inovasi Baru, Disdukcapil Agam Launching Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el


 Inovasi Baru, Disdukcapil Agam Launching Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el Perbesar

Agam | Topsumbar – Komitmen Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam dalam menaikkan layanan kepada penduduk terlihat tambah nyata.

Ini dibuktikan bersama dengan pelaksanaan berbagai program. Salah satunya Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el bagi pelajar yang sudah berusia 17 tahun, di halaman kantor Disdukcapil Agam, Sabtu (6/8).

Kepala Disdukcapil Agam, Helton menyebutkan, program ini dalam rangka pencapaian perekaman pemula bagi warga yang sudah berusia 17 tahun atau setingkat pelajar SMA.

Khusus hari ini katanya, disepakati untuk 10 SMA sederajat bersama dengan jumlah pelajar yang akan direkam sekitar 400 orang.

“Perekaman ini dibagi dua sif, pagi dan siang bersama dengan melibatkan 16 petugas operator,” ujarnya.

Dikatakannya, Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el ini akan berlanjut hingga akhir 2022, bersama dengan langkah berkunjung ke segera sekolah-sekolah sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Tidak cuma perekaman KTP-el, tapi kami terhitung layani Adminduk lainnya lewat program keliling atau lebih dikenal Jemput Bola (Jebol),” sebutnya.

Program ini dilaksanakan Sabtu dan Minggu atau hari libur kerja, gara-gara ia tidak mendambakan layanan harian di Disdukcapil terganggu, belum lagi keterbatasan peralatan.

Ia menjelaskan, dalam perekaman ini tersedia sebagian peralatan di kecamatan sudah rusak, supaya pihaknya wujud aplikasi Sistem Informasi Layanan Elektronik Terintegrasi secara Online (SILETON).

“Melalui aplikasi ini penduduk tidak kudu mampir ke Disdukcapil untuk mengurus Adminduknya, tapi sanggup di nagari masing-masing,” terang Helton.

Kepala Disdukcapil Sumbar, Besri Rahmad mengapresiasi Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el yang digagas Disdukcapil Agam tersebut.

Ia menyadari, adminduk adalah kebutuhan basic bagi warga negara, di mana data kependudukan terhimpun secara terpusat, yang tergolong tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Untuk provinsi jumlah penduduk sesuai data konsolidasi bersih yang dirilis akhir Juli 2022 sebanyak 5.624.147 jiwa, tetapi penduduk Agam sebanyak 525.125 jiwa,” jelasnya pas melaunching Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el itu.

Menurutnya, tak hanya menjadi kebutuhan untuk bepergian dan sekolah, adminduk terhitung diperlukan dalam mengfungsikan hak suaranya kala Pemilu.

Apalagi katanya, 2024 akan tersedia pesta demokrasi dan bagaimana warga negara yang sudah berusia 17 tahun sanggup terdata, untuk mengfungsikan hak suaranya kala pemilu nanti.

Launching Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el ini ikut dihadiri Bupati Agam diwakili staf ahli, Aryati, wali nagari dan tokoh masyarakat.

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pembangunan Taman Safari di Agam Menguat, Bupati Jalin Koordinasi Dengan Jatim Park

28 September 2022 - 21:37 WIB

Berikut Ekspos Rencana Taman Safari dan Kereta Gantung di Agam

2 September 2022 - 19:52 WIB

Program Pengembangan Desa Mitra, Bupati Agam Apresiasi UNP

31 Agustus 2022 - 08:51 WIB

Bupati Agam Minta Camat Hidayatul Taufik Tahan Kritik dan Buli

30 Agustus 2022 - 19:47 WIB

Pengisian Laporan SPM Agam Capai 96,17%, Tertinggi Kedua di Sumbar

30 Agustus 2022 - 19:23 WIB

Renovasi Pasar Tradisional Maninjau Dimulai, Pemkab Agam Alokasikan Rp1.1M

30 Agustus 2022 - 16:05 WIB

Trending di Agam