Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Nasional ยท 10 Agu 2022 09:47 WIB ยท

Hotman Paris dan Ingrid Widjanarko Turun ke Jalan Bacakan Teks Proklamasi


 Hotman Paris dan Ingrid Widjanarko Turun ke Jalan Bacakan Teks Proklamasi Perbesar

Jakarta | TopSumbar – Hotman Paris dan Ingrid Widjanarko membacakan teks proklamasi bersama lantang di persimpangan Boulevard Kalapa Gading pada 5 Agustus 2022. Selain mereka, datang pula murid dari SMA Negeri 13 Jakarta Utara.

Hotman Paris menyebutkan terharu selagi mengingat era kecilnya. Apalagi mengenai perjuangan pahlawan yang konsisten berjuang untuk kemerdekaan.

“Saya terharu, mengingatkan aku saat masih kecil, lebih-lebih ini di Jakarta, banyak orang sudah banyak mengabaikan nilai-nilai perjuangan,” katanya.

Kegiatan ini merupakan inspirasi dari Komunitas Kolaborasi. Komunitas yang terdiri dari bermacam elemen masyarakat, seperti: para aktivis, para seniman, paskibra SMA se-DKI Jakarta, The Jak Mania (GoJak), dan instansi-instansi di lingkungan Provinsi DKI Jakarta.

Komunitas Kolaborasi sudah melakukan aktivitas pembuka pada 31 Juli 2022 yang dipusatkan di JPOS Pinisi, Jakarta Pusat. Acara ini melibatkan Komunitas Jakarta Perkusi (KJP) dan Gilang Ramadhan, Ingrid Widjanarko, pembacaan teks proklamasi oleh Trie Utami dan Ratna Riantiarno, Wiraputra Basri, seniman teater, penari kontemporer, paduan nada SMA N 3 Jakarta, pembawa bendera (anggota paskibra) dari beberapa SMA di DKI Jakarta, Dan The Jak.

Di sela-sela pembacaan teks proklamasi, Sonny Muhammad selaku Ketua Komunitas Kolaborasi mengatakan, kita mengajak dan menghimpun semua yang inginkan beri tambahan suatu hal untuk ibu Pertiwi. inginkan merekonstruksi ulang suasana kebatinan para pejuang di th. 1945, mampu kita rasakan di memahami 2022, ayo kita mulai, kedepan kita yakin, bakal makin banyak orang bakal bergabung, dan yang tidak kalah penting, kita berharap Jakarta membawa event, yang datang dari inisiasi masyarakat, yang bakal jadi milik masyarakat Jakarta menyambut dalam kemerdekaan,” katanya bersama lantang.

Komunitas Kolaborasi mengadakan serangkaian aktivitas perihal perayaan Kemerdekaan Republika Indonesia yang dijalankan sepanjang bulan Agustus.

Setiap harinya, Komunitas Kolaborasi menginisiasi pembacaan proklamasi lintas generasi yang melibatkan semua elemen masyarakat pada tanggal 1 hingga 16 Agustus 2022 tiap tiap pukul 07.00-08.00 dan 17.00-18.00 di 50 titik semua Jakarta.

Selain pembacaan teks proklamasi, Komunitas Kolaborasi terhitung berkerja mirip bersama Jakarta Art Movement melakukan mural di beberapa titik lokasi DKI Jakarta. Seni mural ini mengangkat tema kemandirian pangan dalam Kolaborasi dan menghadirkan Bung Karno lewat kutipan kutipan pidato Dan memorial Haji Darip, seorang tokoh ulama Betawi.

Komunitas Kolaborasi mengajak semua elemen masyarakat turut beri tambahan suatu hal untuk Ibu pertiwi, berkolaborasi dari Jakarta untuk Indonesia.

(HT)

Hits: 18

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bareskrim Periksa Direktur PT LIB, Ketua PSSI Jatim, Hingga 18 Anggota Polri

3 Oktober 2022 - 20:17 WIB

Update DVI Polri: Korban Meninggal Peristiwa Kanjuruhan 125 Orang

2 Oktober 2022 - 21:26 WIB

Tindak Lanjuti Instruksi Presiden, Kapolri Tegaskan Usut Tuntas Peristiwa Kanjuruhan!

2 Oktober 2022 - 11:51 WIB

Ummi Harneli dan Ibu Amel Hadiri Acara Hari Batik dan Berkebaya Bersama Ibu Negara

2 Oktober 2022 - 11:41 WIB

Kembangkan Perkebunan, Bupati HM.Wardan Melakukan Pertemuan Dengan Perusahaan Perkebunan Oscar Group

1 Oktober 2022 - 17:53 WIB

Wabup Inhil H.Syamsuddin Uti bersama Kepala Daerah se-Indonesia Terima Presiden untuk Bersama-Sama Atasi Inflasi

29 September 2022 - 20:50 WIB

Trending di Nasional