Hotman Paris dan Ingrid Widjanarko Turun ke Jalan Bacakan Teks Proklamasi

Jakarta | TopSumbar – Hotman Paris dan Ingrid Widjanarko membacakan teks proklamasi bersama lantang di persimpangan Boulevard Kalapa Gading pada 5 Agustus 2022. Selain mereka, datang pula murid dari SMA Negeri 13 Jakarta Utara.

Hotman Paris menyebutkan terharu selagi mengingat era kecilnya. Apalagi mengenai perjuangan pahlawan yang konsisten berjuang untuk kemerdekaan.

“Saya terharu, mengingatkan aku saat masih kecil, lebih-lebih ini di Jakarta, banyak orang sudah banyak mengabaikan nilai-nilai perjuangan,” katanya.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini merupakan inspirasi dari Komunitas Kolaborasi. Komunitas yang terdiri dari bermacam elemen masyarakat, seperti: para aktivis, para seniman, paskibra SMA se-DKI Jakarta, The Jak Mania (GoJak), dan instansi-instansi di lingkungan Provinsi DKI Jakarta.

Komunitas Kolaborasi sudah melakukan aktivitas pembuka pada 31 Juli 2022 yang dipusatkan di JPOS Pinisi, Jakarta Pusat. Acara ini melibatkan Komunitas Jakarta Perkusi (KJP) dan Gilang Ramadhan, Ingrid Widjanarko, pembacaan teks proklamasi oleh Trie Utami dan Ratna Riantiarno, Wiraputra Basri, seniman teater, penari kontemporer, paduan nada SMA N 3 Jakarta, pembawa bendera (anggota paskibra) dari beberapa SMA di DKI Jakarta, Dan The Jak.

Di sela-sela pembacaan teks proklamasi, Sonny Muhammad selaku Ketua Komunitas Kolaborasi mengatakan, kita mengajak dan menghimpun semua yang inginkan beri tambahan suatu hal untuk ibu Pertiwi. inginkan merekonstruksi ulang suasana kebatinan para pejuang di th. 1945, mampu kita rasakan di memahami 2022, ayo kita mulai, kedepan kita yakin, bakal makin banyak orang bakal bergabung, dan yang tidak kalah penting, kita berharap Jakarta membawa event, yang datang dari inisiasi masyarakat, yang bakal jadi milik masyarakat Jakarta menyambut dalam kemerdekaan,” katanya bersama lantang.

Komunitas Kolaborasi mengadakan serangkaian aktivitas perihal perayaan Kemerdekaan Republika Indonesia yang dijalankan sepanjang bulan Agustus.

Setiap harinya, Komunitas Kolaborasi menginisiasi pembacaan proklamasi lintas generasi yang melibatkan semua elemen masyarakat pada tanggal 1 hingga 16 Agustus 2022 tiap tiap pukul 07.00-08.00 dan 17.00-18.00 di 50 titik semua Jakarta.

Selain pembacaan teks proklamasi, Komunitas Kolaborasi terhitung berkerja mirip bersama Jakarta Art Movement melakukan mural di beberapa titik lokasi DKI Jakarta. Seni mural ini mengangkat tema kemandirian pangan dalam Kolaborasi dan menghadirkan Bung Karno lewat kutipan kutipan pidato Dan memorial Haji Darip, seorang tokoh ulama Betawi.

Komunitas Kolaborasi mengajak semua elemen masyarakat turut beri tambahan suatu hal untuk Ibu pertiwi, berkolaborasi dari Jakarta untuk Indonesia.

(HT)

Pos terkait