Heritage School SMAN 2 Bukittinggi Jadi Cagar Budaya Nasional Pertama di Sumbar

Sumatera Barat | Topsumbar – SMAN 2 Bukittinggi saat ini udah resmi menjadi Heritage School atau Cagar Budaya Nasional, hal selanjutnya ditandai bersama dengan penandatanganan prasasti yang rencananya akan ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Nadiem Makarim, yang terhadap hari ini diberi paraf oleh Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, dan Wakil Walikota Bukittinggi, Marfendi, Jumat (19/8/2022).

Selain itu penandatangan prasasti sekolah piloting kewirausahaan oleh menteri Pariwisata dan Ekonomi dan Kreatif, Sandiaga Uno, yang terhadap kesempatan selanjutnya diparaf oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Barlius.

SMAN 2 Bukittinggi yang dahulunya bernama Kweek School atau sekolah raja yang didirikan kolonial belanda terhadap 1873 tersebut, diketahui banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional seperti Tan Malaka, A. H. Nasution, Sutan Syahrir, Dahlan Abdullah, serta para pejabat tinggi lainnya merupakan alumni berasal dari sekolah yang udah diresmikan menjadi cagar budaya nasional ini.

Bacaan Lainnya

Membuka acara tersebut, Gubernur Sumatera Barat, menjelaskan selain banyak tokoh pahlawan nasional, para murid SMAN 2 Bukittinggi terhitung banyak yang berprestasi, seperti komandan paskibraka HUT RI ke-77 di istana presiden yang lantas merupakan alumni SMAN 2 Bukittinggi.

“SMAN 2 Bukittinggi, adalah rahim yang darinya lahir orang-orang besar, yang peran dan pikirannya benar-benar berfaedah bagi kemajuan bangsa terhadap zamannya,” ujar gubernur.

Gubernur berharap, SMAN 2 Bukittinggi menjadi sekolah unggulan sebab banyak orang-orang hebat merupakan alumni berasal dari SMA tersebut. Gubernur mewajibkan para siswa SMAN 2 Bukittinggi perlu dapat mengukir dan mewariskan tokoh-tokoh histori baik nasional maupun internasional.

“Bukittinggi terhadap sejarahnya pernah dikenal sebagai Ibukota Republik Indonesia, bersama dengan terdapatnya heritage school ini dikehendaki akan mengokohkan Bukittinggi sebagai kota bersejarah di Indonesia. Hal selanjutnya merupakan nilai menjual bagi Kota Bukittinggi,” kata gubernur.

Wakil Walikota Bukittinggi, Marfendi, mengapresiasi apa yang udah dikerjakan SMAN 2 Kota Bukittinggi perlu diwariskan kepada generasi muda, sehingga histori sekolah ini dapat dijadikan cikal akan apa yang akan dikerjakan selanjutnya.

Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Bukittinggi, Ermizar, menjelaskan kegiatan ini selain memeriahkan kembali th. Kweek School SMAN 2 Bukittinggi ke -166 terhitung sebagai pengukuhan Heritage School sebagai cagar budaya nasional pertama yang tersedia di sumbar. (HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait