Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 30 Agu 2022 21:24 WIB ·

Gubernur Kukuhkan Ny. Harneli Mahyeldi Sebagai Bunda Literasi Provinsi Sumbar


 Gubernur Kukuhkan Ny. Harneli Mahyeldi Sebagai Bunda Literasi Provinsi Sumbar Perbesar

Sumatera Barat | Topsumbar – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, Kukuhkan Ny. Hj. Harneli Mahyeldi sebagai Bunda Literasi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Masa Bhakti 2022 – 2024 sekaligus mengukuhkan Fazatil Husainah Fauzi El Muhammady sebagai Duta Baca Daerah Provinsi Sumbar masa Bhakti tahun 2022 – 2025. Pengukuhan berlangsung dalam Workshop Bunda Literasi, Duta Baca dan Pegiat Literasi di Hotel Pangeran Beach, Selasa (30/8/2022).

Di acara tersebut, Gubernur juga mengajak seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) di Sumatera Barat (Sumbar) untuk mewakafkan buku-buku miliknya untuk dibagikan ke pustaka nagari di seluruh Sumbar.

“Kami (Pemprov Sumbar) berharap ASN tiap Kabupaten dan Kota juga turut andil dalam kegiatan wakaf buku, sehingga buku tersebut bisa di distribusikan hingga ke kantor Wali Nagari, jadi tidak hanya di kantor camat saja,” ujar gubernur.

Gubernur juga berpesan kepada Bunda Literasi dan Duta Baca yang dikukuhkan dapat menjadi role model bagi generasi muda agar gemar membaca. Sekaligus dapat merawat perpustakaan sebagai pusat pembelajaran lifelong learning, yang mana perpustakaan tidak lagi sebatas tempat membaca, namun juga sebagai pusat aktivitas kegiatan di masyarakat.

“Banyak nilai positif dari literasi, selain mendapat wawasan dan pengetahuan juga bernilai Ibadah di mata Allah SWT. Di dunia kita memiliki wawasan yang luas dan di akhirat kita mendapat pahala,” terang gubernur.

Sementara itu, Bunda Literasi Sumbar, Ummi Harneli Mahyeldi, mengajak orangtua di Sumbar, khususnya para ibu untuk banyak membaca, karena buku merupakan jendela dari semua ilmu.

“Termasuk ilmu bagaimana menjadi Ibu yang baik, menjadi istri yang baik, serta efek dari membaca akan menentukan perilakunya di dalam masyarakat. Bagaimana ia bisa menjaga akhlak, bahasa, dan sopan santun. Orang-orang yang banyak membaca mereka adalah orang yang bijak dalam semua tindakannya, termasuk dalam menentukan mana yang akan dia lakukan dan dia tinggalkan,” tutur Umi Harneli.

Umi Harneli juga mengatakan untuk meningkatkan minat baca anak-anak dilakukan dengan memberikan reward kepada mereka seperti memberi pujian, memberi hadiah-hadiah kecil, atau memberikan kata-kata penyemangat. Menurutnya hal tersebut akan meningkatkan kemampuan kognitif anak. (HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 11

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kanwil Kemenkumham Sumbar Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Dialog RUU KUHP

28 September 2022 - 10:35 WIB

Semarakan Hari Jadi Sumatera Barat ke 77

27 September 2022 - 14:10 WIB

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Trending di Sumatera Barat