Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Kolom · 10 Agu 2022 09:29 WIB ·

Ferdy Sambo Tersangka, Kapolri Lulus Ujian Terberat


 Ferdy Sambo Tersangka, Kapolri Lulus Ujian Terberat Perbesar

Catatan: HENDARDI

Jakarta | TopSumbar – Penetapan Ferdy Sambo (FS) sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J oleh Tim Khusus yang dibentuk Kapolri udah menunjukkan bahwa diplomasi kejujuran, transparansi dan kinerja berbasis data udah mengantarkan terhadap analisis dan fakta bersama bukti permulaan yang lumayan bahwa udah terjadi pembunuhan atas Brigadir J yang melibatkan FS.

Pada mulanya Polri sempat terkesan amat berhati-hati, dikarenakan peristiwa selanjutnya menyangkut perwira tinggi Polri yang terhitung berprestasi dan ada suatu usaha membatasi sistem penegakan hukum (obstruction of justice).

Belum kembali semburan Info menyangkut masalah ini yang amat massif membawa dampak sistem penyidikan sempat terhambat.

Di tengah menurunnya kepercayaan publik terhadap institusi Polri, masalah ini sungguh jadi ujian terberat bagi Kapolri, walaupun akhirnya Jenderal Listyo Sigit Prabowo lulus berasal dari ujian tersebut.

Pengungkapan keterlibatan FS didalam peristiwa pembunuhan ini jadi pembelajaran amat mutlak bahwa oleh faktor-faktor tertentu, anggota Polri dan terhitung penegak hukum lainnya, sanggup saja terlibat suatu tingkah laku yang melanggar hukum. Dalam sebuah korps, naughty cop dan clean cop bakal selamanya ada.

Tetapi, sebagai sebagai sebuah instrumen penegakan hukum, institusi Polri selamanya wajib menggerakkan tugas legal dan konstitusionalnya menegakan keadilan. Polri wajib diawasi dan dikritik tetapi sebagai sebuah mekanisme tentu wajib dipercaya.

Langkah maju Polri didalam penanganan masalah ini udah memutus berbagai spekulasi dan politisasi yang mengaitkan peristiwa ini bersama banyak hal di luar isu pembunuhan itu sendiri.

Meskipun motif pembunuhan itu mungkin belum terungkap, tetapi penetapan tersangka atas FS udah memusatkan kepemimpinan penyidikan Polri mengalami kemajuan berarti dan memutus politisasi oleh banyak pihak yang berpotensi mengakibatkan ketidakstabilan politik dan keamanan.

Capaian ini bukan hanya dimaksudkan untuk melindungi citra Polri semata tetapi yang utama menunjukkan bahwa kinerja instrumen keadilan ini tetap bekerja dan dipercaya.

Penulis merupakan Ketua Setara Institute, Rabu 10 Agustus 2022

Hits: 17

Artikel ini telah dibaca 133 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Fakta Menarik Seputar Film Inang Full Movie

3 Oktober 2022 - 09:42 WIB

Deretan 7 Jenis Kain untuk Membuat Baju Muslim Wanita

25 September 2022 - 15:47 WIB

Cara Menangani Anak Tantrum, Tidak Dibentak!

14 September 2022 - 08:13 WIB

Sejenak Bersama Muhammad Subhan, dari Jurnalis ke Penulis

28 Agustus 2022 - 20:47 WIB

Sebab-Sebab Harta Pusaka Tinggi Minangkabau Diwarisi Perempuan?

5 Agustus 2022 - 09:56 WIB

Perbedaan Orang Kaya dengan Pura-pura Kaya

4 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Trending di Kolom