Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Agam · 9 Agu 2022 17:27 WIB ·

Dibuka Bupati Agam, LPPM Unand Gelar Seminar Akhir Penentuan Calon Ibukota DOB Kabupaten Agam


 Dibuka Bupati Agam, LPPM Unand Gelar Seminar Akhir Penentuan Calon Ibukota DOB Kabupaten Agam Perbesar

Agam | Topsumbar РLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas menggelar seminar akhir penentuan calon Ibu Kota Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Agam di Hotel Grand Royal Denai Bukittinggi, Selasa (9/8).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Agam, Andri Warman yang membuka seminar, mengatakan pembentukan DOB Kabupaten Agam dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan publik guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Dikatakannya, seminar ini merupakan kajian diseminasi dan sosialisasi terhadap temuan dan penelitian oleh LPPM Unand tentang penentuan calon ibukota DOB Kabupaten Agam.

“Kajian tersebut dilakukan secara teknokratis dan akademis oleh tim kajian DOB,” ujar Andri Warman dilansir Diskominfo Agam.

Ia berharap, pada seminar ini, bisa menyamakan pandangan dari semua stekholder terhadap skenario pemekaran daerah Kabupaten Agam, sehingga terciptanya dukungan dari semua pihak yang terkait dalam proses pemekaran daerah Kabupaten Agam ini.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Agam, Novi Irwan, ia mengatakan pihaknya sangat mendukung rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Agam.

“Karena nantinya, DOB ini bisa meningkatkan perekonomian, pendidikan, pelayanan, pemerataan pembangunan, dan meningkatnya efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, sehingga masyarakat bisa sejahtera,” ujarnya.

Dikatakan, proses DOB ini masih panjang, setelah menentukan ibukota, kita harus menyiapkan beberapa dokumen-dokumen dan persyaratan yang harus dilengkapi, dan harus adanya persetujuan dari DPRD Provinsi, Gubernur, kemudian diajukan ke DPD RI, DPR RI dan Pemerintah Pusat.

“Oleh sebab itu, perlu dukungan dari semua pihak, agar rencana ini bisa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” ujarnya.

Seminar tersebut dihadiri, Tim LPPM Unand, Anggota DPRD Agam, Asisten I Setda Agam, Rahman, Asisten III, Andri Naldi, Kepala OPD, Camat, Niniak Mamak, Bamus, Wali Nagari, dan Lainnya.

(AL/Red)

Hits: 22

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Berikut Ekspos Rencana Taman Safari dan Kereta Gantung di Agam

2 September 2022 - 19:52 WIB

Program Pengembangan Desa Mitra, Bupati Agam Apresiasi UNP

31 Agustus 2022 - 08:51 WIB

Bupati Agam Minta Camat Hidayatul Taufik Tahan Kritik dan Buli

30 Agustus 2022 - 19:47 WIB

Pengisian Laporan SPM Agam Capai 96,17%, Tertinggi Kedua di Sumbar

30 Agustus 2022 - 19:23 WIB

Renovasi Pasar Tradisional Maninjau Dimulai, Pemkab Agam Alokasikan Rp1.1M

30 Agustus 2022 - 16:05 WIB

108 Rumah Tidak Layak Huni di Agam Terima Bantuan Rehabilitasi

25 Agustus 2022 - 16:30 WIB

Trending di Agam