Dharmasraya Peringati Hari Pramuka ke-61 dengan Meriah

Topsumbar | Dharmasraya – Peringatan Praja Muda Karana (Pramuka) ke 61 tahun di Kabupaten Dharmasraya berlangsung meriah, bertempat di lapangan Hijau Bumi Perkemahan kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya, provinsi Sumatera Barat, minggu (14/8/22) sehabis sebelumnya lakukan perkemahan selama tiga hari.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diwakili oleh Sekda Dharmasraya, H. Adlisman, S.Sos. M.Si menghadiri acara Peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun 2022.
Dalam sambutannya Sekda mengemukakan bahwa pada tanggal 14 Agustus segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, dikarenakan organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kami cintai genap berusia 61 tahun, sekaligus memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang udah tersedia sejak tahun 1912.

“Untuk itulah kami harus mengucapkan rasa syukur kami kepada Allah SWT atas nikmat dan berkah mampu berkembang dengan Gerakan Pramuka. Dengan adanya tema tahun ini, perlihatkan niat kami untuk konsisten mengabdi tanpa batas diberbagai bidang. Pengabdian yang kami lakukan adalah anggota berasal dari pendidikan di didalam gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka siaga, adik adik kami udah dididik untuk memberi tambahan perhatian pada sesama, siap menopang orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu mampu dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dikerjakan di lingkungan keluarga kami masing-masing. Maupun di lingkungan masyarakat di kira-kira daerah tinggal kita,” mau Sekda.

Bacaan Lainnya

Pariyanto, SH Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, didalam sambutanya mengemukakan bahwa Pramuka Indonesia sementara ini udah hingga di usia 61 tahun. Tanpa mulai pengabdian dan stimulus untuk menghidupkan gerakan Pramuka udah mengantarkan kami di posisi sementara ini. Setelah beberapa tahun kami vakum lakukan aktivitas Pramuka ini, dikarenakan musibah yang melanda dunia yakni virus corona.

“Mudah-mudahan dengan aktivitas kemah bakti ini mampu jadi aktivitas awal untuk kegiatan-kegiatan Pramuka sesudah itu di Kabupaten Dharmasraya. Saya percaya dan percaya dengan adanya Pramuka dan jadi aktivitas ekstrakurikuler di setiap sekolah, maka generasi muda di Kabupaten Dharmasraya mampu mejadi generasi emas yang berkarakter. Sesuai dengan tema HUT ke-61 Pramuka hari ini. Artinya, perjuangan kami pada Pramuka tidak boleh hingga disini,” mau Ketua DPRD Dharmasraya.

Bincang bincang tempat ini dengan ketua pelaksana Hendri Yamtiko Jati, S.Pd, dirinya mengatakan, peringatan hari pramuka ke 61 ini dimulai dengan aktivitas kemah bakti yang digelar mulai tanggal 12 hingga 14 Agustus 2022. Peserta kemah bakti tersebut adalah Pramuka Penegak dengan utusan 22 regu Gugus Depan yang terdiri berasal dari SLTA sederajat se kabupaten Dharmasraya serta Pramuka Penggalang utusan Gugus Depan se kecamatan Timpeh sebanyak 10 regu.

“Alhamdulilah kemah bakti ini berlangsung lancar hingga acara puncaknya upacara peringatan hari Pramuka ke 61,” ulasnya.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada semua unsur yang terlibat dan apresiasi kepada koordinator acara yakni Pembina Pramuka se kecamatan Timpeh. Hendri menambahkan, upacara peringatan ini dihadiri oleh ka Kwarcab, Ketua DPRD kabupaten Dharmasraya, Paryanto, SH. Hadir tamu undangan anggota DPRD kabupaten Dharmasraya, pengurus kwarcab 18 Dharmasraya, pengurus kwartir ranting se kabupaten Dharmasraya, kepala OPD serta kamabigus se kabupaten Dharmasraya.

(HA)

Pos terkait