Bupati Agam, Napak Tilas Momen Penting Untuk Mengingat Kembali Sejarah Bung Hatta

Agam | Topsumbar – Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM, hadiri acara Napak Tilas Bung Hatta, yang digagas oleh Yayasan Proklamator bersama dengan Pemkab Agam, yang dipusatkan di Lapangan Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Sabtu (14/8).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh keluarga Bung Hatta, diantaranya yaitu, Prof Dr Meutia Farida Hatta, Gemala Hatta, dan juga Sekda Agam, Drs Edi Busti, MSi, Kepala OPD, Niniak Mamak, dan lainnya.

Ketua panitia, Iman Satria mengatakan, kesibukan ini dalam rangka memperingati 120 th. Bung Hatta Sang Proklamator. Kegiatan ini bertujuan memunculkan ulang nilai-nilai dorongan Bung Hatta untuk diteladani masyarakat, khususnya bagi generasi muda.

Bacaan Lainnya

“Serta memperkenalkan historikal perjalanan Bung Hatta, terasa dari Istana Bung Hatta, Rumah Kelahiran Bung Hatta, tempat peristirahatan (Pasanggrahan) Bung Hatta, dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, jelasnya, kesibukan ini termasuk dalam rangka menggalang dana untuk pembangunan Masjid Bung Hatta di Sarilamak.

Pada tanggal 12 Agustus kemaren, pas hari ulang th. Bung Hatta yang ke-120 tahun. Oleh karena Itu, tema pada acara ini adalah Bung Hatta yang tangguh dan visioner.

“Ada 2 kesibukan yang di jalankan pada 120 th. Bung Hatta, yaitu Ultra Run 120 kilometer, dan Napak Tilas,” jelasnya.

Ia berharap, kesibukan ini dapat berjalan bersama dengan aman dan lancar.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr H Andri Warman mengatakan, kesibukan ini merupakan momen penting dalam memperingati 120 th. Bung Hatta, karena para peserta dapat lihat dan mengenang ulang perjalanan hidup dan sejarah dari tidak benar satu tokoh nasional yang berasal dari Ranah Minang.

Dikatakan, pada kesibukan napak tilas ini, di sepanjang perjalanan, selain dapat lihat bukti-bukti sejarah Bung Hatta, para peserta termasuk disuguhkan bersama dengan keindahan alam dan panorama lereng Gunung Marapi bersama dengan hawanya yang sejuk.

Andri Warman berharap, kesibukan ini dapat berlanjut tiap-tiap tahunnya, karena selain dalam rangka memperingati hari ulang th. sang proklamator, termasuk untuk menolong program pemerintah daerah, yaitu untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Agam, khususnya destinasi wisata yang tersedia di Nagari Batu Palano.

Pos terkait