Bupati Agam Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Agam | Topsumbar – Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM, bersama Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, dan Forkopimda Agam, ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun, secara virtual di Aula Kantor Bupati Agam, Rabu (17/8).

Meski upacara dijalankan secara sederhana, namun kondisi selanjutnya tidak mengurangi kekhidmatan agenda HUT RI ke-77 di Kabupaten Agam.

Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dijalankan di Istana Negara dan pada kesempatan tersebut, muncul Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara, dan Ibu Negara, Iriana Jokowi, memakai busana adat tempat Dolomani berasal dari Buton, Sulawesi Tenggara. Sedangkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin mengenakan busana adat berasal dari Provinsi Banten.

Bacaan Lainnya

Pantauan AMCNews.co.id, upacara peringatan detik- detik proklamasi di Istana Merdeka diawali pukul 10.00 WIB bersama diawali laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Kemudian meriam ditembakkan dan sirene dibunyikan.

Upacara kemudian dilanjutkan bersama pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo, serta pembacaan doa oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Setelah itu, upacara dilanjutkan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Mereka merupakan putra-putri terbaik bangsa Indonesia berasal dari 34 provinsi.

Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM mengatakan, bahwa momentum kemerdekaan ini dikehendaki bisa memupuk lagi rasa solidaritas demi keutuhan NKRI.

“Alhamdulillah, pada perayaan HUT RI yang ke-77 ini, kami bisa memperingatinya bersama bermacam kegiatan, berlainan bersama tahun-tahun sebelumnya, sebab Covid-19, upacara hanya dijalankan bersama peserta yang dibatasi, dan secara virtual,” ujarnya.

Ia berharap, bersama semangat kebersamaan, kami bisa bangkit berasal dari pandemi. Kita yakin akan jadi bangsa yang lebih kuat, bangsa yang lebih tangguh dan beri tambahan kesejahteraan bagi penduduk terlebih di Kabupaten Agam.

Pos terkait