Bersama Wagub Audy, Ribuan Warga Meriahkan HUT RI di Festival Kasang Banyanyi

Sumatera Barat | Topsumbar – Ribuan warga tumpah ruah di lapangan Tanah Sirah Rambai, Nagari Kasang, Padang Pariaman pada Selasa (16/8/22) malam. Antusiasme tak terbendung, pasalnya Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy datang memenuhi undangan penduduk didalam pesta rakyat memeriahkan peringatan HUT RI ke-77.

Pesta rakyat itu bertajuk “Festival Kasang Banyanyi” atau FasKaBa. Ajang kompetisi bakat bernyanyi yang dihelat Pokdarwis setempat untuk memperingati hari kemerdekaan, sekaligus mempromosikan potensi wisata Nagari Kasang. Puluhan penyanyi berasal dari merasa remaja, Ibu tempat tinggal tangga, sampai buya yang jago berdendang nampak memeriahkan festival dengan kostum yang semarak.

Tak kalah menarik, kedatangan Wagub Audy pada festival itu disambut oleh Arif LIDA, pendangdut terkenal juara ketiga Liga Dangdut Indonesia yang termasuk anak nagari Kasang. Ada pula Renima Zahraini pelantun ‘Kadang Antahlah Tapi Baa lah’ yang terkenal lebih dari satu kala lalu. Keduanya tampil sebagai juri perlombaan.

Bacaan Lainnya

Mengawali step semi final perlombaan yang telah berjalan sejak 14 Agustus selanjutnya tersebut, Wagub Audy mengimbuhkan apresiasi atas prestasi dan juga kreativitas Arif Firman dan Pokdarwis Kasang yang menggagas festival penduduk yang meriah itu.

“Kita menyambut antusias FesKaBa untuk mencari bakat dan potensi di nagari. Kasang telah melahirkan Arif, keliru satu yang paling baik di Liga Dangdut. Kelak mungkin bakal banyak ulang anak nagari Kasang yang berprestasi mempunyai nama harum Kasang ke tingkat nasional apalagi internasional,” tutur Wagub disambut riuh tepuk tangan warga.

Keriuhan warga pun tambah menjadi-menjadi sesudah Wagub secara spontan mengemukakan bakal turut berpartisipasi menggandakan hadiah bagi pemenang kompetisi nantinya.

“Nanti yang juara ambo agiah bonceh dua kali lipat berasal dari hadiah yang ada, biar peserta tambah semangat,” kata Wagub menirukan dialek Minangkabau khas penduduk Kasang.

Kasang sendiri menurut Wagub Audy, punya keunggulan wisata yang patut ditonjolkan, apalagi nagari ini terlampau dekat dengan Bandara Internasional Minangkabau dan Kota Padang, agar punya nilai lebih jika sektor pariwisata dan kebudayaannya dikembangkan.

Wagub berpesan agar penduduk setempat, lebih-lebih pemerintah nagari dan Pokdarwis agar selalu menekankan kebersihan dan pelayanan, dan juga SDM untuk pengembangan desa wisata dan budaya.

“Kunci pariwisata adalah kebersihan dan pelayanan, ini kaitannya dengan kapasitas SDM. Pokdarwis mampu ikuti pelatihan berasal dari pemerintah, mampu termasuk ikuti langkah yang telah dikerjakan Desa wisata yang lebih advance untuk peningkatan SDM dan branding pariwisata,” terang Wagub.

Ketua Pokdarwis setempat, Firman Kasmadi menyatakan Nagari Kasang punya Goa di perbukitan, kolam-kolam pemandian dan Camping Ground Puncak Silaha. Ia meminta melalui Festival Kasang Banyanyi mampu memperkenalkan wisata Kasang pada penduduk luas.

“Festival ini tak hanya memperingati HUT RI, kita mengharapkan termasuk mampu mempromosikan Kasang sebagai area target wisata,” ungkap Firman.

Sementara itu, Ketua Kerapatan Adat Nagari Kasang, Jasti Dt. Basa mengemukakan festival yang baru pertama kali dihelat di Kasang tersebut terlampau berfaedah menggugah dan menumbuhkan bakat Seni generasi muda. Ia meminta pesta rakyat semacam ini mampu terus diadakan di tahun-tahun selanjutnya. (HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait