Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 10 Agu 2022 16:59 WIB ·

Berbagai Kebijakan Pro UMKM Telah Dihadirkan Wako Fadly Amran


 Berbagai Kebijakan Pro UMKM Telah Dihadirkan Wako Fadly Amran Perbesar

Padang Panjang | Topsumbar – Berbagai kebijakan yang pro terhadap pelaku bisnis mikro, kecil dan menengah (UMKM) udah dihadirkan Pemerintah Kota Padang Panjang di bawah kepemimpinan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano.

Hal selanjutnya dikatakannya pas menjadi narasumber terhadap Talkshow Peran Pemerintah didalam Membangun UKM Berorientasi Ekspor dengan Tribun Network, di Ballroom Hotel Santika Premier Padang, Rabu (10/8).

Dijelaskannya, terdapat di tengah-tengah Sumatera Barat supaya banyak lantas lintas orang di Kota Padang Panjang. Membuat peningkatan bisnis kuliner yang bersandar kepada UMKM dan perdagangan hampir 99%.

Beberapa program yang udah dilakukan didalam peningkatan kesejahteraan UMKM dan perdagangan ini, menyadari Wako Fadly, dengan menurunkan pajak untuk restoran menjadi 5% berasal dari awalnya 10%. Membentuk koperasi syariah, dan mengelompokkan bisnis mikro yang tersedia di Kota Padang Panjang.

“Karena kami dilanda pandemi Covid-19, kami ingin tidak tersedia UMKM yang gulung tikar. Kita menurunkan pajak restoran menjadi 5%. Kita termasuk udah mengakibatkan Rumah Wirausaha dengan banyak fasilitas kami berikan. Seperti pelatihan marketing. Kami berharap pemerintah sanggup memberi ekosistem yang sehat untuk mereka tumbuh dan berkembang didalam memajukan usahanya,” ujarnya.

Fadly termasuk menambahkan, pas pandemi Covid-19 angka pengangguran di Kota Padang Panjang sebesar 7%. Tetapi dengan program-program yang dilakukan, pada akhirnya menghasilkan hasil dengan 3% penurunan angka pengangguran.

“Saya yakin sebab memang pondasi berasal dari ekonomi Kota Padang Panjang adalah perdagangan, lebih-lebih bisnis mikro. Ini udah terbukti sukses diterapkan oleh Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, salah satunya adalah sentra susu dan sentra kulit,” tambahnya lagi.

Talkshow selanjutnya termasuk diikuti perwakilan Kementerian Koperasi UKM sebagai keynote speaker. Sebagai narasumber di antaranya gubernur Sumbar, wali Kota Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Bogor, Pariaman, Sawahlunto, Solok, Medan, Makassar, pengamat UMKM, akademisi Fakultas Ekonomi Unand, pengamat marketplace digital dan juga undangan lainnya. (AL)

Hits: 4

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Penanganan Pasar Koto Baru, Kapolres Padang Panjang Harapkan Keterlibatan Seluruh Pihak Sesuai Tupoksi

5 Oktober 2022 - 15:44 WIB

SMP Hikmah Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dihadiri Walikota dan Penceramah Dari Universitas Al-Azhar Mesir

4 Oktober 2022 - 15:18 WIB

Jelang Operasi Zebra Singgalang 2022, Ini Himbauan Kasatlantas Polres Padang Panjang

2 Oktober 2022 - 21:19 WIB

Perkumpulan Makrame Kreatif Mandiri Kota Padang Panjang Pamerkan Karya Worshop

1 Oktober 2022 - 22:47 WIB

Pagi Tadi Gempa bumi Dirasakan di Padang Panjang, Ini Analisa BMKG

30 September 2022 - 12:08 WIB

RT 13 Silaing Bawah Dikunjungi Tim Penilai Kampung Pancasila Dari Kodim 0307/Tanah Datar

29 September 2022 - 21:54 WIB

Trending di Padang Panjang