Bangun Banyak Fasilitas Olahraga, Riza Falepi Yakin Kota Payakumbuh Akan Terus Cetak Atlet Berprestasi

Payakumbuh | Topsumbar – Kesuksesan Muhammad Nabil Asyura, pemuda asal Kelurahan Subarang Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat bermain di Tim Nasional U-16 pada ajang piala AFF U-16 meraih tanggapan dari Wali Kota Riza Falepi yang mengaku amat bangga bersama dengan Nabil, sudahlah mewakili Sumatera Barat, Nabil sukses mengakibatkan harum nama Kota Payakumbuh bersama dengan aksinya di lapangan hijau yang mengundang decak kagum.

“Saya mengikuti kabar bagaimana Nabil memainkan si kulit bundar di dalam ajang Piala AFF U-16, hattrick ke gawang Singapura, menyumbang gol kemenangan melawan Vietnam, dan gol penalti paling akhir tadi malam kala melawan Myanmar, Nabil terhitung jadi top scorer, luar biasa,” kata Riza kepada media, Kamis (11/8).

Berdasarkan data yang diperoleh media dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Nabil merupakan jebolan dari SSB Arafah, sekolah sebak bola di bawah binaan Pemerintah Kota Payakumbuh yang setiap tahun dianggarkan pembinaannya di dinas.

Bacaan Lainnya

Kesuksesan Nabil diraihnya melalui tahapan yang cukup panjang. Bermain di ajang Danone regional dan tingkat nasional, hingga piala Soeratin U-15 Sumbar dan Nasional. Terakhir, kala Pelatih Timnas Bima Sakti memanggil pemain U-16 dari Sumbar melalui Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Padang, Pemko Payakumbuh merekomendasikan Nabil melalui surat dari Disparpora.

Riza menyebut, bersama dengan Nabil sukses main di Timnas U-16 udah jadi pahlawan bagi Indonesia. Pada Senin (8/8), Riza bersama dengan ASN Pemko Payakumbuh bandoncek menopang biaya keberangkatan orang tua Nabil untuk menyaksikan langsung sang anak bertanding di Final.

“Saya titip salam ke Nabil. Saya terhitung menerima kasih kepada kawan-kawan di Pemda atas bantuan kepada keluarga Nabil,” tuturnya.

Giat Bangun Sarana Olahraga

Nabil adalah satu dari sekian banyak atlet yang sukses dicetak oleh Kota Payakumbuh, ini pula lah yang menurut Riza membuatnya sebagai kepala tempat giat membangun fasilitas dan prasarana olahraga di Kota Randang.

Saat ini, kata Riza, geliat iven olah raga konsisten kelihatan di Kota Payakumbuh, baik iven yang digelar masyarakat, maupun yang dijalankan pemerintah daerah. Contohnya saja pertandingan basket di Gedung Olahraga Type B Tanjuang Pauh di tepian Batang Agam.

Iven basket ini tak cuma diikuti oleh tim basket se Sumatera Barat, tapi terhitung dari Riau dan Jambi. Bahkan, saking tingginya animo, panitia penyelenggara perlu halangi kuantitas tim yang sanggup difasilitasi bertanding.

“Kita tak sanggup sebab peminatnya amat banyak, tapi bersama dengan animo positif ini tentu mengakibatkan kami tertantang untuk sanggup menggelar iven yang lebih besar supaya sanggup memfasilitasi semuanya,” kata Riza.

Selain itu, Riza optimis bersama dengan memfasilitasi setiap cabor untuk punyai arena bermain dan berlatih, Kota Payakumbuh jadi mantap untuk mencetak bibit-bibit atlet yang siap bersaing di kancah nasional dan internasional.

Ada Payakumbuh Bugar di Padang Kaduduak yang punyai lapangan futsal, voli, basket, dan trek lari.

Di kawasan Batang Agam udah ada GOR Type B di Tanjung Pauh yang sanggup memfasilitasi 4 lapangan bulutangkis, 1 lapangan bola basket, 2 lapangan bola voli, 4 lapangan sepak takraw, dan 1 tenis lapangan. Lalu terhitung ada arena skatepark dan fitnees outdoor.

Kemudian, pada tahun 2021 Kota Payakumbuh udah punyai lapangan sepak bola berstandar nasional di tepian Batang Agam.

Riza terhitung memberitakan pada tahun 2022 ini bakal dibangun arena sepatu roda di Kawasan Batang Agam dan pada tahun 2023 lapangan mini soccer untuk arena bermain sepak bola anak-anak SSB, tempat mencetak bibit atlet seperti Muhammad Nabil Asyura.

Kemudian, bakal ada pembangunan stadion atau tribun lapangan Sepak Bola Tanjung Pauh.

“Kita terhitung bakal bikin fasilitas olahraga Payakumbuh Bugar II di Kelurahan Talang untuk warga Payakumbuh Barat dan Latina khususnya,” tambah Riza.

“Saya inginkan supaya ada atlet yang sanggup bertanding ke PON bahkan olimpiade, supaya nama Kota Payakumbuh jadi harum di mata dunia,” pungkas politikus PKS itu. (Ton)

Pos terkait