Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Solok · 3 Agu 2022 19:02 WIB ·

Balitbang Kota Solok Berikan Materi Teknologi Pengolahan Jerami kepada Petani Milenial


 Balitbang Kota Solok Berikan Materi Teknologi Pengolahan Jerami kepada Petani Milenial Perbesar

Kota Solok | Topsumbar – Badan Penelitan dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok mengadakan kegiatan Teknologi Pengolahan Jerami bagi Petani Milenial Kota Solok yang masih dalam rangkaian kegiatan yang terlaksana atas kerja sama Balitbang Kota Solok dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat.
Turut hadir pada kegiatan ini, Penyuluh Pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan Kota Solok, bertempat di Aula Balitbang Kota Solok, Rabu (3/8/2022).
Jerami yang merupakan hasil limbah usaha tani dari areal tanaman padi kali ini diolah menjadi barang yang bermanfaat. Jerami dapat diolah menjadi hasil sampingan dari tanaman padi yang biasanya dibakar oleh para petani.
Kepala Bidang Pembangunan, Inovasi dan Teknologi Desriyanti saat membuka kegiatan menyebutkan, penggunaan teknologi ini dapat mengurangi polusi udara akibat pembakaran jerami. Selain itu, penggunaan teknologi ini juga diharapkan dapat penjadi peluang usaha bagi para petani baik perorangan maupun kelompok untuk menghasilkan produk turunan jerami yang bermanfaat dan bernilai ekonomis,
“Pengolahan limbah jerami di Kota Solok berpotensi untuk dikembangkan mengingat Kota Solok merupakan kota penghasil beras.” ujarnya.
Dalam kegiatan tersebut, Petani Milenial Kota Solok berjumlah 15 orang diberikan materi tentang Teknologi Pengolahan Limbah Jerami menjadi Pot Bunga dan Egg Tray (Tatakan Telur) oleh narasumber dari BPTP Sumatera Barat.
“Selain dapat diolah menjadi pot bunga dan tatakan telur, limbah jerami juga dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik (kompos), pakan ternak (silase), sebagai mulsa, media jamur, kerajinan/hiasan, bio etanol, gula cair, papan partikel dan kertas,” jelas Srimaryati, Peneliti Pertama BPTP Sumatera Barat.
Setelah mendapatkan materi dari narasumber, Petani Milenial didampingi langsung untuk mengolah jerami menjadi pot bunga dan tatakan telur sesuai dengan cara yang telah dijelaskan oleh narasumber dalam materi kegiatan. Selanjutnya, akan diadakan kembali kegiatan pengolahan limbah jerami untuk produk lainnya. Kegiatan ini akan dilakukan dalam satu kali pertemuan lagi bagi Petani Milenial Kota Solok. (gra)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 13

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rang Solok Baralek Gadang 2022 Berakhir, Gubernur Mahyeldi: Tahun Depan Harus Lebih Meriah Lagi

25 September 2022 - 11:56 WIB

25 September 2022 - 11:50 WIB

Event Rang Solok Baralek Gadang Hadirkan Permainan Anak Nagari

23 September 2022 - 12:13 WIB

Semarak Pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang

22 September 2022 - 12:09 WIB

Awali Rangkaian Rang Solok Baralek Gadang, 400 Peserta Kelompok Tani Ikuti Prosesi Batulak Bala

22 September 2022 - 12:02 WIB

Ayo ke Solok, Semarak Rang Solok Baralek Gadang 2022 Dimulai

22 September 2022 - 10:05 WIB

Trending di Solok