Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sawahlunto · 30 Jul 2022 10:08 WIB ·

Perdana Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Warga Ikuti Kirab Pawai Obor Sekolah Alam Talago Sawahlunto


 Perdana Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Warga Ikuti Kirab Pawai Obor Sekolah Alam Talago Sawahlunto Perbesar

Sawahlunto | Topsumbar – Ribuan warga Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, pada Jumat (29/7) malam padati jalan provinsi di Desa Santur, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto dalam rangka menyambut Tahun Baru 1 Muharram 1444 Hijriyah.

Warga tumpah membanjiri jalan sepanjang satu kilometer mengikuti kirab pawai obor sambut Tahun Baru Islam 1444 H itu.

Kirab pawai obor itu dilepas secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Sawahlunto, H. Dedi Wandra, S.Ag, MA di Simpang Santur, Kecamatan Barangin dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian setempat termasuk Dishub , Dinkes dan pihak terkait lainnya tumpah ikuti kirab pawai obor itu perdana di selenggarakan pihak sekolah.

Hampir seluruh warga yang berjejer disepanjang jalan menyaksikan kirab pawai obor itu. Bahkan warga juga ikut meramaikan kirab pawai obor yang diselenggarankan Sekolah Alam Talago (TK/SD IT) tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Sawahlunto, H. Dedi Wandra, S.Ag,MA, menyebutkan, Tahun baru Islam 1 Muharram menjadi hal yang istimewa.

“Saya bangga dengan Sekolah Alam Talago menyelenggarakan kirab pawai obor ini,”kata Dedi.

Bahkan, kata Dedi, masyarakat di beberapa daerah merayakannya dengan suka cita melalui tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun termasuk di Sumatera Barat dan khusus yang diselenggarakan Sekolah Alam Talago.

“Momen pergantian tahun dalam kalender Islam ini kerap dijadikan waktu untuk memanjatkan doa sekaligus menggelar berbagai tradisi. Tujuan utama dari gelaran tradisi Tahun Baru Islam 1 Muharram ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur,”tambah Bang Dewa begitu sapaan akrab Kakanmenag Kota Sawahlunto itu.

Untuk diketahui, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H kali ini bertepatan dengan 30 Juli 2022. Peringatan itu dilaksanakan Sekolah Alam Talago (TK/SD IT) Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Bahkan kegiatan itu untuk pertama kali dilaksanakan sekolah di Kota Sawahkunto.

Kepala SDIT Alam Talago, Delvia Sepniwati, S.Pd selaku ketua panitia pelaksana kegiatan. Mengaku merasa senang atas terselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Sekolah Alam Talago (TK-SD IT) dibawah naungan Yayasan Raudhatul mengaturkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Kirab Pawai Obor dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 H” kata bunda Del begitu sapaan akrab Delvia Sepniwati yang diamini Delvia Aflinda, S.Pd (Kepsek TK Alam Talago) yang juga sekretaris kegiatan.

Dihadapan Wakil Walikota Sawahlunto Drs. H. Zohirin Sayuti, ketua panitia kirab pawai obor, mengatakan saat ini Sekolah Alam Talago belum memiliki Mushola. Ia berharap agar Pemko juga ikut memperhatikan. “Kini anak-anak sholat hanya dilokal masing-masing,”jelasnya.

Beda dengan Ketua Pengawas Yayasan Raudhatul Jabal, Yusrizal, ia justru menyampaikan struktur yayasan dengan memperkenalkan pengurus.

Usai kirab pawai obor, kegiatan dilanjutkan dengan acara Muhasabah, Tabliq Akbar yang disampaikan uztad Yusriman Taufik yang diawali pembacaan kalam illahi.

Kegiatan pawai obor itu sendiri diikuti ribuan peserta, terdiri dari siswa, guru, walimurid dan pihak Yayasan Raudhatul Jabal, masyarakat dan sejumlah mahasiswa yang ber-KKN di Desa Santur juga tumpah pada Kirab Pawai Obor perdana diselenggarakan sekolah di Kota Sawahlunto.

Wakil Walikota Sawahlunto Drs. H. Zohirin Sayuti, mengaku bangga atas kegiatan tersebut.

“Ini perdana dilaksanakan di sekolah yang dilaksanakan Sekolah Alam Talago. Berbanggalah bapak-ibu karena menyekolahkan anak-anak di Sekolah Alam Talago sebagai calon pemimpin dan ahli surga. Selain mata pelajaran umum di Sekolah Alam.Talago juga dilengkapi mata pelajaran agama” tambah Wakil Walikota Sawahlunto Drs. H. Zohirin Sayuti.

(Gun/rilis)

Hits: 11

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

SDIT Alam Talago Sawahlunto Go To UNP Dan Wana Telabang Sakti

17 September 2022 - 08:39 WIB

Walikota Sawahlunto Kunjungi Kanwil BPN Sumbar

30 Agustus 2022 - 20:48 WIB

Giliran Sawahlunto Jadi Lokasi PPI Sediakan Paket Sembako Murah dalam Pasar Murah BUMN

29 Juli 2022 - 17:48 WIB

Guru TK/SD IT Alam Talago Sawahlunto Berwisata ke Pantai Piaman

24 Juni 2022 - 20:13 WIB

Sekolah TK Alam Talago Kota Sawahlunto Edukasi Field Trip ke BIM

9 Juni 2022 - 11:18 WIB

Walikota Sawahlunto Deri Asta Resmi Terpilih Sebagai Ketua Pordasi Sumatera Barat Periode 2022 – 2026

2 Juni 2022 - 11:05 WIB

Trending di Sawahlunto