Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sumatera Barat · 23 Jul 2022 19:03 WIB ·

Gubernur Mahyeldi Harap Alumni Farmasi UNAND, Jadi Entrepreneur Bidang Farmasi


 Gubernur Mahyeldi Harap Alumni Farmasi UNAND, Jadi Entrepreneur Bidang Farmasi Perbesar

Sumatera Barat | Topsumbar – (Sumbar) dengan berbagai hasil alamnya merupakan rumah bagi bahan baku produk-produk farmasi. Oleh sebab itu Sumbar juga menjadi lahan subur untuk segudang aktivitas kewirausahaan farmasi, yang di dalamnya mencakup aktivitas produksi dan inovasi produk farmasi atau lebih dikenal dengan istilah Pharmapreneur.

Demikian disampaikan Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, saat membuka acara Temu Alumni Nasional dan MUBES V Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Farmasi Universitas Andalas (Unand) tahun 2022, di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sabtu (23/7/2022).

Acara yang bertema “Yuk Jadi Pharmapreneur Hebat Melalui Dukungan Komunitas” itu menurut gubernur sangat sejalan dengan program unggulan Sumbar yakni menciptakan 100 ribu enterpreneur hingga tahun 2024 mendatang.

“Jadi entrepreneur di bidang farmasi sangat sejalan dengan progul yang kami usung. Saat ini Pemprov Sumbar juga telah berhasil menelurkan kurang lebih 20 ribu pelaku usaha baru di Sumbar,” kata gubernur.

Selain itu, peran alumni Farmasi Unand, harap gubernur, dapat menurunkan angka pengangguran di Sumbar secara siginifikan.

“Tema ini memperlihatkan secara eksplisit bahwa kepedulian alumni Universitas Andalas dalam berkontribusi nyata dalam mendorong penciptaan enterpreneur-enterpreneur baru, pelaku usaha pelaku usaha baru,” tuturnya.

Selain itu ia juga berharap Pharmapreneur dan Alumni Farmasi Unand dapat melihat potensi produksi gambir di sumbar, pasalnya 80 persen dari total produksi gambir nasional itu berasal dari Sumbar. Namun saat ini stabilitas harga gambir menjadi persoalan.

“Saya harap adanya peran dari farmasi dalam pemanfaatan produk gambir. Kedepan kita akan mengadakan FGD terkait permasalahan hilirisasi gambir ini. Karena produksi gambir sendiri dianggap sebagai barometer gambir nasional, hal tersebut diakui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian,” imbuh gubernur.

Senada dengan hal itu, Dekan Fakultas Farmasi Unand, Fatma Sri Wahyuni, juga berharap para alumni harus bisa bersinergi dengan para tokoh masyarakat, serta menuangkan pemikiran-pemikiran hebatnya untuk kemajuan pembangunan daerah.

“Selain menuangkan pemikiran tapi juga dalam hal fasilitas kampus juga disumbangkan oleh para alumni, seperti Masjid Adz-Zikra yang diresmikan oleh Gubernur pada bulan Februari yang lalu,” katanya.

Ketua IKA Farmasi Unand, Andalas Rustian mengatakan sebanyak 1800an alumni Fakultas Farmasi Unand yang bekerja dari sabang sampai merauke, selain bekerja di bidang farmasi mereka juga ada yang menjadi ASN, pengusaha, akademisi, bahkan mereka juga berkiprah di lembaga masyarakat baik tingkat nasional maupun internasional. (HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 2

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cuaca Sumbar 25-27 September, Ini Prakiraan BMKG Stasiun Minangkabau

25 September 2022 - 14:12 WIB

HUT Lantas Ke-67, Kapolda Sumbar: Jajaran Lalu Lintas adalah Miniatur Tugas Pokok Polri

23 September 2022 - 08:35 WIB

Pembagian BLT Ricuh, Lisda Hendrajoni: Pemerintah Harus Carikan Solusi, Jangan jadikan tontonan

22 September 2022 - 15:11 WIB

Polda Sumbar Salurkan 5000 Paket Bansos Kepada Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

21 September 2022 - 12:42 WIB

Gubernur Mahyeldi Sampaikan Amanah Menhub Soal Keselamatan Transportasi

19 September 2022 - 10:57 WIB

Gubernur Sumbar Jalan Kaki Tembus Hutan Sepanjang 11 KM, Tinjau Jalan Alternatif Malalak – Maninjau

18 September 2022 - 19:32 WIB

Trending di Sumatera Barat