Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Sijunjung · 27 Jul 2022 23:07 WIB ·

Gebyar Muharram 1444 Hijriyah di HV Tang Aia Cafe & Resto


 Gebyar Muharram 1444 Hijriyah di HV Tang Aia Cafe & Resto Perbesar

Sijunjung | Topsumbar- Forum Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Kamang Baru melaksanakan kegiatan Gebyar Muharram 1444 Hijriyah bertempat di HV Tang Aia Cafe & Resto, Sungai Lansek, Kecamatan Kamang Baru pada Rabu (27/7).

Setelah diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi pada beberapa waktu lalu, untuk kesekian kalinya acara yang digelar oleh berbagai instansi dan organisasi di HV Tang Aia Cafe & Resto ini berjalan dengan sukses dan lancar.

Gebyar Muharram 1444 Hijriyah yang diiniasi oleh Forum Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Kamang Baru ini diikuti oleh sekolah MTs, SMA/sederajat, Pondok Pesantren, MDTA, TPQ, Pondok Al-Quran, serta Rumah Tahfidz dan dihadiri oleh Anggota DPRD, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung, Camat Kamang Baru Nasruddin, SE, Kepala KUA Kecamatan Kamang Baru Mulyanto, S.Pd.I, MUI Kecamatan Kamang Baru, Wali Nagari Sungai Lansek Nofrizal, S.Pd.I bersama Ketua KAN dan Ketua BPN.

Gebyar Muharram 1444 Hijriyah diisi dengan 3 jenis perlombaan, yaitu Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) yang diikuti 26 regu sebanyak 78 orang, kemudian lomba Imla’ sebanyak 50 orang, serta lomba Adzan diikuti 47 orang kafilah.

Acara yang dipandu oleh pembawa acara Zakiatul Aulia diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Kenny Rober dilanjutkan pembacaan doa yang dipimpin oleh Aliyasman, S.Sos.I.

Meris Wardi, S.Sos.I selaku panitia dalam sambutannya menyanpaikan ucapan terimakasih kepada HV Tang Aia Cafe & Resto yang telah mendukung terselenggaranya Gebyar Muharram 1444 Hijriyah dengan cita-cita yang amat luar biasa dalam mensyiarkan agama Islam.

Sementara itu Camat Kamang Baru Nasruddin, SE dalam kata sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada HV Tang Aia Cafe & Resto, “Kepada ananda kami milikilah satu keahlian di bidang keagamaan untuk bekal kita di akhirat sekaligus modal untuk melanjutkan pendidikan” ujar Camat Kamang Baru.

Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Mukhlis, SHI dalam kata sambutannya mengatakan bahwa sebanyak 200 orang lebih dari Kecamatan Kamang Baru akan mengikuti dakwah wisata ke Mesjid Al-Hakim Kota Padang yang merupakan kecintaan dan kekompakan masyarakat terhadap ukhuwah.

Kakan Kemenag Kabupaten Sijunjung yang diwakili H. Bakhtiar, SH, MA selanjutnya membuka secara resmi Gebyar Muharram 1444 Hijriyah di tingkat Kecamatan Kamang Baru

Dengan melibatkan 8 orang hakim yang terdiri dari Kemenag Kabupaten Sijunjung serta Kabupaten Dharmasraya, Gebyar Muharram 1444 Hijriyah berhasil melahirkan masing-masing 3 kategori pemenang lomba.

Pada cabang lomba Imla’ Juara 1 dicapai oleh Novva Az-Zahra R dari Nurul Ulya dengan total nilai 81, sedangkan Juara 2 yaitu Nurhasanah dari Nurus Shalikin dengan nilai 80, dan Juara 3 dicapai oleh Silviola Zahra dari Baitul Quran.

Cabang Adzan pada Gebyar Muharram 1444 Hijriyah berhasil menampilkan Anton sebagai Juara 1 dan Juara 2 dicapai Aqillia A. Rizki Andra, dan Juara 3 yakni Fatun Ananda Afsuh utusan TPA Amirul Mukminin.

Emrialdi, S.Ag pada penutupan Gebyar Muharram 1444 Hijriyah menyampaikan terimakasih atas bantuan Hendri dan Vivi sebagai pemilik HV Tang Aia Cafe & Resto, “Semoga dibalas oleh Allah SWT” ujarnya.

“Harapan kami agar anak-anak agar lebih giat lagi dalam memupuk rasa cinta terhadap keagamaan” demikian diungkapkan Hendri didampingi istrinya Vivi saat diwawancarai topsumbar.co.id sore ini.

“Kami siap mendukung segala bentuk kegiatan dalam mensyiarkan agama Islam, kami terbuka bagi sponsor lainnya,” demikian Hendri mengungkapkan.

Adapun ketentuan lomba MSQ antara lain, peserta adalah siswa tingkat SLTP dan SLTA, terdiri dari 3 orang dalam satu grup, waktu disediakan 15 menit, temanya berkaitan dengan tahun baru Hijriyah, dan peserta harus menyerahkan topiknya kepada panitia sebelum tampil.

Mengenai lomba adzan, umur peserta yaitu maksimal 21 tahun, peserta adalah utusan mesjid, TPQ, LPQ, MDTA, Pondok Al-Quran, serta Rumah Tahfidz.

Sedangkan untuk lomba Imla’ umur maksimal adalah 10 tahun, peserta menuliskan ayat wajib berupa Al Fatihah dan ayat pilihan berupa Al Ikhlas atau An Naas, dan peserta menulis tanpa teks.

(Gun)

Hits: 21

Artikel ini telah dibaca 134 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tim UPP Saber Pungli Sosialisasi Di Tanjung Ampalu

21 September 2022 - 07:54 WIB

Hanya Di Sijunjung, Ombudsman Puji Forum Pelayanan Publik

20 September 2022 - 10:16 WIB

Kejurnas Gantole Telemoyo Cup VI Resmi Berakhir

19 September 2022 - 22:02 WIB

Museum Rumah Masa Kecil Ahmad Syafii Maarif Diresmikan

19 September 2022 - 21:36 WIB

Wabup Sijunjung Iraddatillah Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan

18 September 2022 - 21:24 WIB

Telemoyo Cup VI, Banten Dan DKI Masih Memimpin

17 September 2022 - 09:40 WIB

Trending di Sijunjung