Delapan Jejak Kaki Harimau Sumatera Ditemukan di Ladang Warga di Gantung Ciri Solok

TOPSUMBAR – Jejak harimau Sumatera ditemukan di kawasan perkebunan warga di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

Menanggapi pengaduan warga mengenai adanya jejak kaki harimau Sumatera tersebut, Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar), Ardi Andono mengatakan, jejak satwa dilindungi tersebut ditemukan pada Jumat (15/7/2022) lalu.

Ada delapan jejak harimau sumatra ditemukan di kawasan tersebut. “Sudah dipastikan itu adalah jejak harimau,” ujarnya, Senin (18/7/2022) malam.

Bacaan Lainnya

Terkait penemuan jejak harimau tersebut, BKSDA Sumbar pun terjun ke lokasi untuk melakukan monitoring.

“Ini status waspada karena baru ditemukan jejak di satu lokasi sebanyak 8 jejak,” ungkapnya.

BKSDA, tutur dia, akan mencari cara penanggulangan harimau tersebut apakah dengan letusan dan bunyi-bunyian atau dengan membuat perangkap.

Lebih lanjut, Ardi mengimbau kepada warga yang berladang di sekitar lokasi agar berhati-hati dalam beraktivitas. Warga diminta untuk tidak keluar sendiri.

“Selalu lebih dari dua orang guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika pergi ke ladang diharapkan di atas jam delapan pagi dan pulang sebelum jam empat sore,” pesan nya. (TS)

Pos terkait