Bupati Solok Baralek Kaua Tahun Ke 85 di Jorong Sianggai-anggai Nagari Sariak Alahan Tigo Kabupaten Solok

Kab.Solok | Topsumbar — Bupati Solok Capt. H. Epyradi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M. Mar bersama Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi hadiri acara Baralek Kaua tahun Ke-85 bertempat di Jorong Sianggai-Sianggai Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti , Jumat (15/07/22)

Bupati Solok bersama Rombongan berangkat dari titik kumpul di pasar Nagari alahan panjang, dalam perjalanan menuju lokasi tujuan terlihat beberapa jalan dalam keadaan rusak, ini semua merupakan hal yang akan jadi fokus Bupati Solok untuk pembangunan pada tahun 2023 mendatang dimana sebagian besar anggaran akan diarahkan untuk bantuan perbaikan jalan milik Kabupaten yang ada Di Kabupaten Solok.

Turut hadir Anggota DPRD, Asisten II Drs. Syahrial, MM, Kepala OPD, Camat Hiliran Gumanti Fahrizal, Camat Lembah Gumanti Zulbakti, Forkompimcam, Walinagari Sariak Alahan Tigo Baharuddin, Ketua KAN dan BPN Se-Kecamatan Hiliran Gumanti, Tokoh-tokoh Agama dan Adat serta Masyarakat di Nagari Sariak Alahan Tigo

Bacaan Lainnya

Setibanya di lokasi Bupati Solok Bersama Rombongan terlebih dahulu lakukan Temu Ramah dengan Para Guru yang bertugas di Nagari Sariak Alahan Tigo yang bertempat di SD Negeri 10 Sariak Alahan Tigo.

Dalam sambutannya Bupati Solok H. Epyardi menyampaikan Perasaan senangnya bisa mendengar dan melihat secara langsung apa saja yang dibutuhkan untuk kemajuan pendidikan di kabupaten Solok yang akan datang. beliau juga Menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas pengabdian para guru sehingga bisa menciptakan generasi-generasi yang cerdas dan hebat.

“Hari ini saya dapat berdiri sebagai Bupati namun dahulu saya juga pernah merasakan menjadi seorang murid yang di didik oleh guru-guru yang hebat” pungkasnya.

Setelah melaksanakan Shalat Jumat Berjamaah Bupati Solok H. Epyardi beserta rombongan Lakukan arak-arakan bersama Ninik mamak, bundo kanduang serta Masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo menuju lokasi alek kaua, dilokasi acara Bupati disambut dengan Tari Pasambahan dan penyerahan sirih dalam carano yang diselenggarakan langsung oleh Anak Nagari Sariak Alahan Tigo.

Dalam laporan, Ketua pelaksana Alek Kaua menyampaikan bahwa kegiatan Baralek Kaua merupakan tradisi syukuran yang telah dilaksanakan secara turun temurun selama kurang lebih 240 tahun dan telah dilaksanakan sekitar 85 kali, kegiatan ini dilakukan untuk selalu menjaga persatuan dan kebersamaan antara masyarakat Nagari yang berlangsung selama dua hari di Lapangan Jorong Sianggai-Sianggai, seluruh pembiayaan dari kegiatan bersumber dari sumbangan Masyarakat.

Bupati Solok H. Epyradi dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan senang atas antusiasme masyarakat dalam melaksanakan tradisi-tradisi adat yang telah ada sejak zaman dahulu. Kegiatan Alek Kaua ini juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Bupati H. Epyradi sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur Tradisi Adat dan Budaya di Minangkabau dimana beliau juga bertujuan mengembalikan nilai-nilai kebudayaan yang sudah mulai pudar dikehidupan masyarakat Kabupaten Solok.

Dikesempatan yang sama Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi apresiasi atas kegiatan Alek Kaua ini yang dilaksanakan dengan meriah oleh masyarakat, beliau juga turut menyuarakan program-programnya untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Athari mengatakan pada tahun 2023-2024 akan selalu memperjuangkan aspirasi yang disampaikan masyarakat dimana ini merupakan pengabdiannya sebagai perwakilan Kabupaten Solok di Pemerintahan Pusat.

“Mohon doa dan dukungannya agar saya senantiasa selalu terjaga dan bisa lancar dalam memperjuangkan aspirasi Masyarakat di Pemerintahan Pusat”tuturnya.

Diakhir acara Bupati Solok H. Epyradi Asda bagikan santunan kepada sebanyak kurang lebih 100 orang anak yatim di Nagari Sariak Alahan Tigo

Pada Kegiatan ini Bupati Solok bersama Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi juga lakukan penandatanganan Prasasti Program Kegiatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang dibawa oleh Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi, pada kesempatan ini jorong Sianggai-Sianggai mendapatkan sejumlah 10 Bantuan Bedah rumah dan 3 Bantuan P3-TGAI.
(By)

Pos terkait