Balitbang Jambi Studi Komparatif Konsep Pemberdayaan Masyarakat di Geopark Silokek

Sijunjung | Topsumbar – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Propinsi Jambi Andriko Fariko, SE, MM bersama staff melakukan Studi Komparatif tentang pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan Geopark Ranah Minang Silokek pada Jumat (22/7).

Hal ini dilakukan Bappeda Propinsi Jambi dalam penyusunan Dokumen Kajian Kelitbangan untuk mendukung Geopark Merangin Berkelas Dunia (UGGp).

Kunjungan tersebut disambut oleh Kepala Sekretariat Badan Pengelola (BP) Geopark Ranah Minang Silokek Ridwan, S.Hut bersama Personil GIC lainnya, dalam kesempatan tersebut Ridwan memaparkan tentang perkembangan Geopark Ranah Minang Silokek, strategi pemberdayaan dan dukungan pemerintah daerah dalam penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur di Kawasan Geopark Silokek.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan ke lapangan (Geosite Silokek), rombongan Balitbang Propinsi Jambi mengagumi keindahan alam kawasan Geopark Silokek ditambah lagi dengan keunikan geologi dan biologi yang dijumpai disamping itu konsep pemberdayaan masyarakat telah berjalan dengan baik hal ini ditunjukan dengan adanya partisipasi dan kepedulian masyarakat khususnya pengelola destinasi dalam menjaga kebersihan dan hospitality yang dimiliki.

Dari hasil diskusi dan kunjungan tersebut Tim Peneliti dari Balitbang Propinsi Jambi mengharapkan kehadiran Bupati Sijunjung bersama BP Geopark Ranah Minang Silokek pada acara konsultasi publik pembahasan dokumen kajian yang sedang disusun tersebut yang direncanakan dilaksanakan pada bulan November 2022.

Dengan adanya kunjungan ini semakin menunjukan eksistensi Geopark Silokek dalam rangka menuju UGGp yang tengah dalam proses di Komite Nasional Geopark Indonesia (GMNI).

(Gun)

Pos terkait