Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Agam · 27 Jun 2022 21:26 WIB ·

Siapkan Calon Lulusan SLTA Handal Speaking Skill, Pemkab Agam Resmikan Kampung Inggris


 Siapkan Calon Lulusan SLTA Handal Speaking Skill, Pemkab Agam Resmikan Kampung Inggris Perbesar

Agam, Topsumbar – Guna menyiapkan calon lulusan SLTA di kabupaten Agam yang memiliki kompetensi handal dalam penguasaan bahasa Inggris khususnya Speaking Skill . Pemerintah setempat, yaitu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam meresmikan kampung Inggris.

Melansir siaran pers Diskominfo Agam, Senin (27/6)), disebutkan peresmian kampung Inggris ini dilakukan langsung oleh Bupati Agam Dr H Andri Warman, MM , Senin (27/6) di Aula Utama Kantor Bupati Agam.

“Peresmian ditandai dengan pemukulan Tambua oleh Bupati Agam beserta penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan program Kampung Inggris dengan Wali Nagari Biaro Gadang, Gadut, Lawang, Batu Palano dan Manggopoh,” bunyi siaran pers Diskominfo Agam.

Lebih jauh diterangkan, program kampung Inggris dalam rangka mewujudkan Agam yang madani dan maju terutama dalam bidang pendidikan sehingga calon lulusan SLTA dapat diterima di perguruan tinggi bergengsi (reputable university) baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Karena merupakan pilot project, maka anggaran disediakan oleh pemerintah daerah sehingga kepada peserta didik diberikan pembebasan biaya yang meliputi biaya kursus (tuition fee), biaya konsumsi (food and beverage), dan biaya buku paket,” terang siaran pers.

Sementara itu, Bupati Andri Warman dalam sambutannya menjelaskan Kampung Inggris ini memiliki 3 kriteria untuk peserta didik yang akan bergabung.

“Kita ambil 3 kriteria, harus yang pintar berdasar rapor, kedua kurang mampu secara ekonomi, ketiga anak yatim atau piatu kita didik dan training selama satu tahun” jelas Bupati

Lebih jauh dijelaskannya, pendirian Kampung Inggris ini bertujuan untuk menjadikan nagari sebagai episentrum atau subjek pembangunan, menciptakan nagari maju yang memiliki pemuda yang berdaya saing di level nasional dan internasional.

“Kita ingin menyiapkan calon lulusan SLTA yang berasal dari Agam untuk memiliki kompetensi yang handal dalam penguasaan bahasa Inggris khususnya Speaking Skill sehingga dapat diterima di perguruan tinggi bergengsi (reputable university) baik di dalam negeri maupun luar negeri,” tegas bupati.

Selain itu juga menjadikan nagari sebagai destinasi wisata untuk pengajaran bahasa Inggris di tingkat regional serta memberdayakan ekonomi masyarakat nagari melalui Bumnag yang bergerak di dalam sektor riil seperti kursus bahasa Inggris “Kampung Inggris”.

“Kampung Inggris dipilih sebanyak 5 nagari sebagai role model tahun 2022-2024. Pemilihan nagari tersebut disesuaikan dengan hasil penilaian dari Tim Teknis Fasilitasi Kampung Inggris yang menilai kesiapan nagari tersebut baik dari segi SDM maupun fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki,” jelas bupati.

Nagari yang terpilih antara lain Nagari Lawang Kecamatan Matur, Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang, Nagari Biaro Gadang Kecamatan Ampek Angkek, Nagari Batu Palano Kecamatan Sungai Pua, Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuh Basung.

(AL)

Hits: 15

Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

AKU-SIGAP, Sebuah Monumen Pengabdian Untuk Terus Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

6 Oktober 2022 - 07:53 WIB

Bupati Agam Serahkan SK Kenaikan Pangkat 213 PNS

30 September 2022 - 23:27 WIB

DPRD Agam Setujui Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022

29 September 2022 - 23:21 WIB

Tingkatkan SDM, Anak-Anak PAUD/TK Dilatih Peragaan Manasik Haji

29 September 2022 - 23:16 WIB

Kehidupan Lintas Agama di Agam Terbangun Kondusif

28 September 2022 - 23:12 WIB

Pembangunan Taman Safari di Agam Menguat, Bupati Jalin Koordinasi Dengan Jatim Park

28 September 2022 - 21:37 WIB

Trending di Agam