Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Lintas Riau · 3 Jun 2022 15:47 WIB ·

Plt Bupati Kuansing Buka Festival Pacu Jalur 2022


 Plt Bupati Kuansing Buka Festival Pacu Jalur 2022 Perbesar

SUKARAJA – Plt Bupati Kuantan Singingi, Drs. H Suhardiman Amby membuka festival pacu jalur 2022 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, di pendopo Telaga Dapur Umum Sukaraja, pada Jum’at (03/06/2022).

Kedatangan Plt Bupati Kuansing Drs. H Suhardiman Amby, Ak.MM terlihat didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Azhar, MM.,CPM, bersama rombongan yang datang adalah para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten yang diantaranya Dandramil 07 Kuantan Hilir Kapt Inf Legimin, Kapolres Kuansing diwakili Kapolsek Logas Tanah Darat AKP Bareta Nainggolan, SH.,MH, anggota DPRD Provinsi Riau Dr. Mardianto Manan, Waka I DPRD Kuansing Zulhendri, A.Md, Waka II Juprizal, SE.,MSi dan sejumlah anggota DPRD Kuansing diantaranya Solehudin, S.Sos, Darwis, ST, Riko Nanda Putra, Juni Warti, Gusmir Indra, Azrori Analke Apas, serta pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam giat pembukaan pacu jalur mini di Telaga Dapur Umum Sukaraja tersebut, terlihat antusias masyarakat Kuansing untuk menyaksikan acara itu terutama dalam menyambut kedatangan Plt Bupati H Suhardiman Amby bersama rombongan. Berbagai macam tari-tarian yang diperagakan dan ditampilkan panitia untuk menyambut kedatangan Plt Bupati beserta rombongannya.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud), Drs. Azhar, MM.,CPM dalam sambutannya mengatakan bahwa tradisi pacu jalur mini di Telaga Dapur Umum Sukaraja ini juga merupakan pesta rakyat masyarakat Kuantan Singingi yang diselenggarakan setiap tahunnya. Hanya saja dua tahun belakangan ini tidak dilaksanakan karena pandemi covid 19, yakni pada tahun 2020 dan 2021 tidak diselenggarakan.

“Usai pacu jalur mini di Sukaraja ini, awal Agustus nanti Pacu jalur Kabupaten akan diselenggarakan di Kuantan Mudik, event Kebudayaannya di Kuantan Hilir, dan nanti akan ditutup pada event Nasional di Ibu Kota Kabupaten, tepatnya di kecamatan Kuantan Tengah (Teluk Kuantan). Di Teluk Kuantan, pada tanggal 21 sampai tanggal 24 Agustus 2022” kata Azhar membeberkan.

Disamping itu, Drs. Azhar, MM.,CPM juga menghimbau masyarakat agar tetap menjaga persatuan, kekompakan, tetap lestarikan tradisi dan budaya Kuantan Singingi tentunya.

Selain itu, di hadapan Plt Bupati Kuansing dan tamu undangan lainnya, Drs. Azhar, MM.,CPM juga menyampaikan program-program dinas Pariwisata dan Kebudayaan baik yang telah dicapai maupun yang tengah dilaksanakan oleh dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing.

Dalam kesempatan tersebut, Azhar juga sangat berharap dukungan penuh dari Pemerintah kabupaten khususnya kepada Bapak Plt Bupati dalam membangun dan menata pariwisata dan kebudayaan kabupaten Kuansing meskipun dalam keberagaman suku.

Sementara itu, Plt Bupati Suhardiman Amby dalam sambutannya mengatakan bahwa budaya pacu jalur ini murni dimiliki masyarakat Kuansing dan bukan hanya milik masyarakat Kuansing saja, akan tetapi sudah milik masyarakat Riau bahkan masyarakat Indonesia.

“Meskipun Kuansing mempunyai keberagaman suku, namun terkait kebudayaan kita tetap bersatu. Tidak ada pilah-pilah etnis di Kuansing,” begitu ditegaskan Plt Bupati Kuansing Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM menyampaikan.

Meskipun baru pertama kali acara festival pacu jalur mini Sukaraja diadakan pasca covid 19, sejak negeri ini dipimpinnya, namun Suhardiman Amby berharap agar ditingkatkan lagi pelaksanaan pacu jalur mini Sukaraja ini pada tahun-tahun berikutnya.

“Tradisi pacu jalur ini sungguh luar biasa, meskipun pacu jalur mini, namun ribuan orang hadir di sini untuk menyaksikannya. Untuk itu, tahun-tahun kedepan harus kita tingkatkan lagi, kalau perlu tahun depan kita undang kabupaten-kabupaten tetangga lainnya untuk ikut berpartisipasi pada acara ini,” ungkap Suhardiman.

Dalam giat tersebut, Plt Bupati mengatakan akan memberikan dan menghadiahkan satu buah jalur besar kepada desa Sukaraja untuk dipertandingkan di event nasional di Teluk Kuantan nantinya.

“Kita berikan satu buah jalur untuk desa Sukaraja yang bernama ‘Tuah Panglimo Dalam Sukaraja’,” kata Suhardiman Amby yang disambut dengan tepuk tangan dan sorak sorai masyarakat bergembira.

Usai memukul gong tanda dibukanya secara resmi festival pacu jalur mini Sukaraja, Plt Bupati Suhardiman juga menyerahkan sejumlah bantuan dari Pemda Kuansing untuk pelaksanaan festival pacu jalur tersebut yang diserahkan langsung kepada Panitia pelaksana festival Pacu Jalur Mini desa Sukaraja. Setelah itu, Plt Bupati Suhardiman Amby juga menyerahkan piala bergilir yang akan diperebutkan itu.

Selanjutnya, Plt Bupati bersama rombongan menuju pancang start untuk melakukan pelepasan jalur sekaligus mengelilingi area pacu jalur Telaga Dapur Umum Sukaraja menggunakan boat yang disediakan Panitia.

Dimana, dihari pertama ini, sebanyak 119 buah jalur yang berasal dari Kabupaten Kuansing, dan beberapa buah jalur dari Kabupaten tetangga Indragiri Hulu (Inhu) akan berpacu di gelanggang pacuan Telaga Dapur Umum Sukaraja. Pelaksanaan pacu jalur ini akan berlangsung selama 3 hari yaitu sampai tanggal 5 Juni 2022.

(Yos)

Hits: 64

Artikel ini telah dibaca 190 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Polda Riau Musnahkan 243 Kg Sabu dan 405.527 Butir Ekstasi dari Jaringan Narkoba Internasional

29 September 2022 - 17:21 WIB

Bupati Kuansing Suhardiman Inginkan Kerjasama Antar Lembaga Dalam Peningkatan Penanggulangan Bencana

28 September 2022 - 18:25 WIB

DPRD Inhil Melalui Komisi IV Minta RSUD Puri Husada Tembilahan Perbaiki Mutu Pelayanan

27 September 2022 - 21:34 WIB

Lepas Jama’ah Umrah, Wabup Inhil H.Syamsuddin Uti Titip Do’a

27 September 2022 - 14:44 WIB

Pencurian dan Penggelapan Terjadi di Beberapa Titik di Kota Riau

27 September 2022 - 14:22 WIB

Polres Inhil Tangkap Dua Jambret yang Meresahkan di Tembilahan

26 September 2022 - 14:33 WIB

Trending di Lintas Riau